UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PAKU, BENANG DAN PENGGARIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS III SDN WONOMERTO I

WIBOWO, TEGUH BASUKI (2011) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN PAKU, BENANG DAN PENGGARIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELAS III SDN WONOMERTO I. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-teguhbasuk-23269-PENDAHUL-N.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-teguhbasuk-23269-BAB+I.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Pada tahap perkembangan belajar peserta didik khususnya kelas III memang masih sangat diperlukan media pembelajaran. Karena pada tahap ini peserta didik masih dalam tahap operasional konkri t artinya peserta didik akan lebih memahami sesuatu yang abstrak apabila diawali dengan hal -hal yang konkrit. Untuk itu diperlukan media pembelajaran papan paku, benang dan penggaris digunakan sebagai alat bantu pengajaran matematika di sekolah dasar untuk menanamkan konsep/pengertian geometri, seperti pengenalan bangun datar, pengenalan keliling bangun datar, dan menentukan/menghitung luas bangun datar, untuk memudahkan peserta didik menghitung keliling persegi panjang. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan yang muncul adalah bagaimanakah penggunaan media pembelajaran papan paku, benang dan penggaris dalam pembelajaran matematika menghitung keliling persegi panjang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 3 SDN Wonomerto I ?. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Prestasi belajar menghitung keliling persegi dengan menggunakan media pembelajaran Papan paku, benang dan penggaris. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dimana setiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan yang digunakan, yaitu: observasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu: teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Penggunaan media papan paku, benang, dan penggaris dalam pembelajaran matematika menghitung keliling persegi panjang dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan kelas atau ketuntasan klasikal sebesar 90%

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 30 May 2016 09:33
Last Modified: 30 May 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31053

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo