UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEMESTER II SDN TALUNKIDUL I KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

CHASANAH, USWATUN (2011) PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEMESTER II SDN TALUNKIDUL I KECAMATAN SUMOBITO KABUPATEN JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-uswatuncha-23279-PENDAHUL-N.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-uswatuncha-23279-BAB+I.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan karena adanya aktivitas dan prestasi belajar matematika mengenal unsur- unsur bangun datar yang masih rendah pada siswa kelas II semester II SDN Talunkidul I Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang yaitu dari 25 siswa dikelas II hanya ada 11 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM matematika yakni 65,00. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas II semester II tentang mengenal unsur- unsur bangun datar melalui metode kooperatif STAD. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kooperatif STAD sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran matematika. Siswa kelas II SDN Talunkidul I Sumobito Jombang banyak yang kurang aktif dan bersemangat dalam pembelajaran sehingga peneliti menerapkan metode kooperatif STAD supaya siswa lebih aktif dan bersemangat sehingga prestasi belajar siswa meningkat karena siswa dibentuk dalam satu tim belajar yang terdiri dari 4-5 orang dengan kemampuan yang berbeda untuk berdiskusi dan bekerja kelompok sehingga individu saling menghargai dan membantu dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan metode kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dari siklus I kesiklus II yang mencapai 64% yaitu dari 7 anak menjadi 23 anak yang mendapatkan nilai diatas KKM yang telah ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II semester II SDN Talunkidul I Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang tahun pelajaran 2010/ 2011 pada pembelajaran matematika materi mengenal unsur- unsur bangun datar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 30 May 2016 09:08
Last Modified: 30 May 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo