UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN HIGH PROFILE (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Listing di BEI Tahun 2008-2010)

MAHSUN, NELA NUR AINI (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN PERUSAHAAN HIGH PROFILE (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Listing di BEI Tahun 2008-2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nelanurain-23434-Pendahul-n.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nelanurain-23434-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi empiris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari bukti empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan CSR pada perusahaan tambang di Indonesia. Ukuran perusahaan diukur dengan total aktiva, dan profitabilitas diukur dengan return on asset leverage diukur dengan rasio hutang dan ukuran dewan komisaris diukur dengan banyaknya dewan komisaris. Perusahaan sampel ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan item check list dan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 17.0. Hasil uji F menyatakan bahwa secara simultan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor-faktor dalam laporan tahunan terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan high profile. Hasil uji t juga menyatakan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan CSR pada perusahaan high profile. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa kesadaran perusahaan terhadap praktik pengungkapan CSR masih rendah. Hal ini disebabkan perusahaan yang menjalankan aktivitas CSR hanya mengikuti peraturan undang-undang, agar perusahaan tidak dikenai sanksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 May 2016 02:45
Last Modified: 30 May 2016 02:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30973

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo