UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V TENTANG "CALIS TAWA NOTA 24 JAM" SDN KARANGPAKIS I KABUH JOMBANG

ALFIYAH, LIA (2011) PENERAPAN METODE INQUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V TENTANG "CALIS TAWA NOTA 24 JAM" SDN KARANGPAKIS I KABUH JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-liaalfiyah-23285-PENDAHUL-N.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-liaalfiyah-23285-BAB+I.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman ketika pembelajaran diperoleh gambaran bahwa siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Kesulitan yang dihadapi oleh para siswa adalah kurang mampu mengaitkan konsep-konsep matematika yang dipelajari dengan kegiatan kehidupan sehari-hari dan kesulitan dalam memecahkan soal-soal matematika berbentuk aplikasi. Pada umumnya siswa belajar dengan menghafal konsep-konsep matematika bukan belajar untuk mengerti konsep-konsep matematika, sehingga mereka merasa kesuliatan dalam pembelajaran. Selain itu, siswa bahkan lebih jauh dari itu ada kesan siswa menganggap pelajaran matematika hanya merupakan suatu beban. Di sisi lain, metode dan pendekatan yang diterapkan oleh guru umumnya masih menerapkan metode ceramah. Oleh karena itu dalam penelitian ini guru menggunakan metode inquiri dalam pembelajaran matematika khususnya pada membaca dan menulis tanda waktu dengan notasi angka 24 jam agar siswa lebih mudah memahami konsep-konsep yang ada dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan tes (evaluasi akhir). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangpakis yang berjumlah 26. Indikator dalam penelitian ini adalah 1) Nilai KKM siswa dapat mencapai 70, 2) Penelitian ini dikatakan berhasil apabila 90% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa keterlaksanaan metode inquiri pada pembelajaran matematika tentang membaca dan menulis tanda waktu dengan notasi angka 24 jam mencapai peningkatan. Hal ini terlihat dari prosentase keberhasilan aktivitas guru yang mengalami peningkatan dari 57% menjadi 100%, sedangkan aktivitas siswa meningkat dari 66% menjadi 91%. Dan dari 26 siswa yang mencapai nilai KKM 17 anak, prosentase keberhasilannya mencapai 65% Pada siklus 2 jumlah siswa yang mencapai nilai KKM 24 anak, prosentase keberhasilannya 92%. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan metode inquiri dalam pembelajaran matematika tentang membaca dan menulis tanda waktu dengan notasi angka 24 jam "Calis Tawa Nota 24 jam" siswa dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 May 2016 04:50
Last Modified: 26 May 2016 04:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo