UMM Institutional Repository

PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MUSIK RECORDER PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IV SDN TANJUNGGUNUNG PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG

ADIANTO, ARIF (2011) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA NOTASI ANGKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MUSIK RECORDER PADA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN KELAS IV SDN TANJUNGGUNUNG PETERONGAN KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifadiant-23289-Pendahul-n.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifadiant-23289-Bab+I.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Musik merupakan salah satu dimensi pengembangan kreativitas yang merupakan intisari dari pengembangan musik di sekolah dasar,khususnya di arahkan pada kreativitas estestis.Kepekaan musik atau sense of music membuat anak tumbuh menjadi manusia yang luwes,terampil,mandiri dan kreativ. Hanya karena keterbatasan sarana dan prasarana serta minimnya kemampuan guru dalam mengajarkan seni musik yang menyebabkan pembelajaran seni musik di sekolah kurang maksimal khususnya dalam mempelajari notasi angka. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meneliti pembelajaran siswa kelas IV SDN Tanjunggunung dalam mata pelajaran seni musik terutama tentang keterampilan membaca notasi angka pada pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan. Kegiatan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan di kelas IV SDN Tanjunggunung tahun pelajaran 2010/2011 pada semester genap dengan jumlah siswa 34. Kompetensi Dasar yang dipelajari adalah Mengapresiasi karya seni musik. Dalam penelitian ini penulis mengajak siswa menggunakan alat musik recorder sebagai media. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui kegiatan pengamatan selama proses pembelajaran dengan menggunakan instrument Lembar Pengamatan Aktivitas Siswa yang dilakukan oleh Kolaborator sedangkan keterampilan siswa diperoleh dari hasil tes tulis dan demontrasi masing-masing siswa. Pada Siklus I menunjukkan siswa yang mencapai KKM adalah 24 siswa atau 66 % dari jumlah seluruh siswa dan yang belum mencapai KKM adalah 10 siswa atau 34 %.Sedangkan pada Siklus II yang menunjukkan siswa mencapai KKM adalah 31 siswa atau 89 % dan yang belum mencapai KKM adalah 3 siswa atau 11 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat musik recorder dengan cara-cara yang dikembangkan dari siklus I ke siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Seni Musik siswa kelas IV SDN Tanjunggunung Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 May 2016 04:21
Last Modified: 26 May 2016 04:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo