UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT OLEH BPR SE WILAYAH KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI

ANAM, KHOIRUL (2011) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYALURAN KREDIT OLEH BPR SE WILAYAH KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-khoirulana-21926-PENDAHUL-N.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-khoirulana-21926-BAB+1.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah faktor dana pihak ketiga, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga kredit berpengaruh nyata terhadap jumlah kredit yang disalurkan Bank Perkreditan Rakyat sewilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri. Terdapat 7 BPR yang diteliti yaitu: BPR Agro Cipta Adiguna, BPR Bina Reksa Karya Arta, BPR Pare Arto Rejo, BPR Toeloengredjo Dasa Nusantara, BPR Arta Pamenang, BPR Hamindo Nata Makmur, BPR Prima Dari Arta. Data penelitian adalah laporan keuangan dari tahun 2008 - 2010 yang diperoleh dari BPS Kediri, BI Kediri dan masing-masing BPR. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji signifikan F dan t. Hasil penelitian ini diketahui nilai F hitung = 46,968 lebih besar dari F tabel = 2,74 pada probabilitas 0,000. Hal ini berarti Hipotesis I yang menyatakan bahwa dana pihak ketiga, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kredit yang disalurkan Bank Perkreditan Rakyat sewilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri dapat diterima. Dari hasil analisis secara parsial dapat disimpulkan bahwa: 1) Dana pihak ketiga memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah kredit yang disalurkan. 2) Tingkat inflasi tidak berpengaruh terhadap jumlah kredit yang disalurkan. 3) Tingkat suku bunga kredit memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah kredit yang disalurkan. Dengan demikian, Hipotesis II yang menyatakan bahwa dana pihak ketiga, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kredit yang disalurkan Bank Perkreditan Rakyat sewilayah Kecamatan Pare Kabupaten Kediri tidak dapat diterima atau ditolak. Dari nilai adjusted r-Square (R2) yaitu 0,645 diketahui bahwa dana pihak ketiga, tingkat inflasi dan tingkat suku bunga kredit memiliki pengaruh sebesar 64,5% terhadap jumlah kredit yang disalurkan sedangkan sisanya sebesar 35,5% dipengaruhi oleh variable bebas yang lainnya. Diketahui pula, variable yang dominan pengaruhnya terhadap kredit yang disalurkan adalah dana pihak ketiga karena memiliki koefisien beta paling besar yaitu 0,846. Terkait dengan hasil tersebut, maka BPR harus terus memberikan fasilitas bagi penabung agar jumlah DPK (dana pihak ketiga) yang diterima BPR lebih besar sehingga dana yang disalurkan juga lebih besar. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan hadiah atau reward bagi nasabah (penabung) pada tahap atau periode-periode tertentu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 May 2016 03:35
Last Modified: 26 May 2016 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30859

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo