UMM Institutional Repository

ANALISIS POTENSI EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA KABUPATEN/KOTA DI KORIDOR UTARA SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR

Ardiansyah, Yusuf (2011) ANALISIS POTENSI EKONOMI DAN PENYERAPAN TENAGA KERJA PADA KABUPATEN/KOTA DI KORIDOR UTARA SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yusufardia-21986-PENDAHUL-N.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yusufardia-21986-BAB+I.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa potensi ekonomi dan penyerapan tenaga kerja pada kabupaten/kota di Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur. Koridor Utara Selatan memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi diantara koridor lain di Propinsi Jawa Timur. Pertumbuhan ekonomi tersebut hendaknya diikuti dengan pertumbuhan penyerapan tenaga kerja sehingga tingkat pengangguran berkurang. Karena pada hakikatnya pertumbuhan ekonomi sebagai hasil pembangunan ekonomi harus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi ekonomi, potensi peyerapan tenaga kerja, pola pertumbuhan ekonomi, pola penyerapan tenaga kerja, serta mengetahui keterkaitan antara potensi ekonomi dan potensi penyerapan tenaga kerja pada kabupaten/kota di Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Location Quotient, Tipologi Klassen, dan Korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian ini diketahui kabupaten Blitar memiliki potensi ekonomi tertinggi dengan nilai LQ sebesar 1,57. Untuk potensi penyerapan tenaga kerja tertinggi ditempati oleh kota Surabaya dengan nilai LQ sebesar 1,17. Berdasarkan tipologi Klassen untuk pola pertumbuhan ekonomi dan pola penyerapan tenaga kerja masing-masing dibagi menjadi empat klasifikasi yaitu daerah cepat maju cepat tumbuh, daerah berkembang cepat, daerah maju tertekan dan daerah tertinggal. Dari Korelasi Produk Moment tidak ada korelasi positif yang signifikan antara PDRB dengan Penyerapan Tenaga Kerja. Dengan adanya hasil penelitian tersebut, maka diharapkan pemerintahan setempat menerapkan kebijakan yang terus mendorong sektor potensial ditiap daerah selain itu pemerintah diharapkan terus mendorong pertumbuhan usaha padat karya. Karena disamping mendorong pertumbuhan ekonomi, usaha padat karya juga mampu mengurangi jumlah pengangguran sehingga kesejahteraan masyarakat kabupaten/kota di Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics and Business > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 May 2016 03:08
Last Modified: 26 May 2016 03:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30857

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo