UMM Institutional Repository

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MULTI METODE PADA SISWA KELAS III SDN MOJOREJO 01 JUNREJO KOTA BATU

KURNIAWAN, FARIS SETIYA (2011) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MULTI METODE PADA SISWA KELAS III SDN MOJOREJO 01 JUNREJO KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-farissetiy-23295-Pendahul-n.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-farissetiy-23295-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar yang penulis laksanakan pada pembelajaran IPA terdapat hasil belajar yang masih rendah. Hal tersebut terbukti pada hasil ulangan harian tahun pelajaran 2010/2011, khususnya materi kenampakan permukaan bumi yang masih rendah, yaitu hanya sekitar 3 siswa (14.29%) dari 21 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM, dan 18 siswa (85,71%) mendapat nilai di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penyebab dari rendahnya hasil belajar siswa tersebut karena dalam pembelajaran, guru sering menggunakan metode ceramah sebagai metode utama dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang mendapatkan gambaran yang sebenarnya tentang apa yang dijelaskan oleh guru. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui Multi Metode pada siswa kelas III SDN Mojorejo 01 Junrejo Kota Batu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dikelas III SDN Mojorejo 01 Junrejo Kota Batu dengan jumlah siswa sebanyak 21 anak. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data untuk mengetahui motivasi belajar dengan cara perhitungan prosentase motivasi belajar dari indikator yang ditetapkan Penulis. Peningkatan hasil belajar peserta didik dianalisa dengan menggunakan perhitungan prosentase ketuntasan belajar. Ketuntasan pada masing-masing peserta didik disesuaikan dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) di sekolah yaitu 70. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan dari rata-rata prosentase motivasi belajar yang mengalami peningkatan dari 72,58% pada siklus I menjadi 76,18% pada siklus II. Sebagian besar siswa lebih mudah memahami materi pelajaran dengan menggunakan Multi Metode yaitu melalui penggunaan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, tanya jawab, penugasan dan latihan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah siswa yang hasil belajarnya meningkat. Pada siklus I sebesar 85,71% siswa tuntas dalam memperoleh hasil belajar dan pada siklus II sebesar 80,95%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan, jika diterapkan pembelajaran dengan Multi Metode pada pelajaran IPA, maka motivasi dan hasil belajar pada siswa kelas III SDN Mojorejo 01 Junrejo Kota Batu akan meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 26 May 2016 01:42
Last Modified: 26 May 2016 01:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo