UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 02 KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU

CHOTIMAH, KUSNUL (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN PUNTEN 02 KECAMATAN BUMIAJI KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelajaran Bahasa Indonesia merupakan pelajaran wajib mulai dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia diajarkan empat keterampilan berbahasa, dimana salah satunya adalah keterampilan menulis. Menulis merupakan keterampilan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dimulai dari tahap pramenulis, membuat draf, merevisi dan penyuntingan. Menulis narasi merupakan menulis cerita yang terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu, dalam kejadian itu terdapat pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Pembelajaran menulis narasi di SDN Punten 02 masih belum berlangsung secara optimal. Hal ini disebabkan guru dalam memberikan pembelajaran menulis lebih banyak teori dari pada melatih keterampilannya, selain itu guru dalam menyampaikan pembelajaran belum menggunakan media yang bervariasi. Berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran menulis narasi, maka dilakukan pemecahan masalah melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media gambar berseri dalam menulis narasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri yang dilakukan dalam beberapa tahap penulisan dimulai dari tahap pramenulis, membuat draf, merevisi dan penyuntingan. Selain itu juga untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) Guru sebagai peneliti. Penelitian ini dimulai dari proses identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis narasi dapat berlangsung sesuai tahapan menulis yaitu pramenulis, membuat draf, merevisi dan menyunting. Penerapan pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis narasi. Peningkatan kemampuan tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai perolehan siswa pada tiap siklusnya. Siklus I nilai rata-ratanya mencapai 67,5 dan Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 82,5. Nilai pada siklus II lebih tinggi dari nilai KKM yang menjadi patokan yaitu 70. Penilaian produk yang dilakukan meliputi kemampuan siswa dalam mengurutkan gambar berseri, ketepatan penulisan topik, kemampuan penulisan kerangka karangan, kemampuan dalam menulis draf, kerapian penulisan kemampuan menyunting karangan dan kemampuan dalam mempublikasikan karangan. Disarankan bahwa dalam pembelajaran menulis narasi, hendaknya Guru menggunakan media gambar berseri dalam mengajarkan proses tahapan menulis pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 11:48
Last Modified: 25 May 2016 11:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30832

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo