UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA TENTANG KONSEP PEMBAGIAN SEBAGAI PENGURANGAN BERULANG SISWA KELAS II SDN TANGGUNGAN BOJONEGORO

HARLENA, NINIK (2011) PENGGUNAAN MEDIA KELERENG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATEMATIKA TENTANG KONSEP PEMBAGIAN SEBAGAI PENGURANGAN BERULANG SISWA KELAS II SDN TANGGUNGAN BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ninikharle-23300-Pendahul-n.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ninikharle-23300-BAB+I.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh Pembelajaran matematika adalah proses pemberian pengalaman belajar kepada peserta didik melalui serangkaian kegiatan yang terencana sehingga peserta didik memperoleh kompetensi tentang bahan matematika yang dipelajari. Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk , susunan, besaran, dan konsep - konsep berhubungan lainya dengan jumah yang banyak terbagi ke dalam tiga bidang yaitu aljabar, analisis dan geometri ".Matematika mengkaji benda abstrak ( benda tidak nyata) yang displin ilmu bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Permasalahannya adalah kemampuan berhitung siswa dalam pembelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung Matematika siswa kelas II SDN Tanggungan dengan menggunakan media kelereng.. Media yang digunakan oleh setiap guru untuk memperlancar proses belajar mengajar di sekolah beraneka ragam. Salah satunya adalah media kelereng yang digunakan dalam pembelajaran Matematika Pelajaran yang diberikan, dan sebagai alat untuk melihat daya serap siswa terhadap pelajaran. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Tanggungan Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro dengan subyek penelitian siswa kelas II yang berjumlah 12 siswa dan guru, sedangkan data penelitian ini hasil nilai siswa yang diperoleh melalui tes tulis dan lembar observasi yang dilakukan oleh observer yang dilakukan selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada siklus I diketahui bahwa hasil tes siswa pada materi pembagian sebagai pengurangan berulang dengan menggunakan media kelereng adalah 41.67% yang mencapai ketuntasan, sehingga peneliti mengadakan tindakan selanjutnya pada siklus II. Setelah diperbaiki pada siklus II, hasil tes siswa mencapai 100 % yang sudah mencapai ketuntasan maksimal, dengan demikian dari hasil siklus I ke siklus II mengalami peningkatan yaitu sekitar 58.33 %. Jadi disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kelereng dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa mata pelajaran Matematika pada materi Pembagian sebagai penguranagan berulang pada siswa kelas II SDN Tanggungan Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 11:45
Last Modified: 25 May 2016 11:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30830

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo