UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SDN SUKOSEWU BOJONEGORO MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT)

FATKUR, FATKUR (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS V SDN SUKOSEWU BOJONEGORO MELALUI STRATEGI AKTIVITAS MEMBACA BERPIKIR TERBIMBING (AMBT). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fatkur0839-23301-pendahul-n.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fatkur0839-23301-BAB+I.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Membaca pemahaman dalam konteks pembelajaran membaca di SD adalah jenis membaca yang bertujuan untuk memahami wacana berupa petunjuk, teks panjang, dan berbagai karya sastra untuk anak berbentuk puisi, dongeng, pantun, percakapan, cerita, dan drama. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara ditemukan banyak siswa mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman sehingga mengakibatkan kemampuan membaca pemahaman siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan penggunaan strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT) pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sukosewu; dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sukosewu dengan menggunakan strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT). Penelitian menggunakan rancangan PTK, subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Sukosewu Bojonegoro dengan jumlah 20 anak. Lokasi penelitian di SDN Sukosewu Bojonegoro. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT) di kelas V SDN Sukosewu Bojonegoro rendah; (2) implementasi strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman, dan suasana pembelajaran lebih menyenangkan; dan (3) kemampuan membaca pemahaman siswa dengan menggunakan strategi aktivitas membaca berpikir terbimbing (AMBT) mengalami peningkatan dari nilai rata-rata 78 pada siklus I dan 86 pada siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I adalah 60% dan pada akhir siklus II adalah 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 11:44
Last Modified: 04 Jan 2018 03:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30829

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo