LUZIANA, ELOK (2011) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DUA ANGKA MELALUI MEDIA PERMEN PADA SISWA KELAS II SDN SIDODADI I SUKOSEWU BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.
|
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-elokluzian-23303-PENDAHUL-N.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-elokluzian-23303-Bab+1.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran pada siswa kelas II SDN Sidodadi I Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro masih bersifat konvensional dengan menggunakan metode ceramah dan menghafal saja. Guru berperan penuh dalam kegiatan pembelajaran dan anak bersifat pasif sehingga hasil prestasi belajar matematika dari 27 siswa hanya 5 siswa yang mampu mencapai KKM yaitu 63. Untuk meningkatkan prestasi belajar serta tercapainya tujuan pembelajaran maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media permen. Permen memiliki bentuk dan rasa yang menarik maka disukai oleh anak-anak, permen dapat digunakan menyelesaikan masalah matematika dalam bentuk yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa tentang perkalian menggunakan media permen pada Kelas II SDN Sidodadi I Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan media permen dan pelaksaannya dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SDN Sidodadi I yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini peneliti sekaligus sebagai guru kelas sebagai pengajar dibantu dengan teman sejawat sebagai kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media permen dalam pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN Sidodadi I Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar matematika materi perkalian dua angka siswa kelas II dengan menggunakan media permen dapat dilihat berdasarkan peningkatan nilai rata-rata kelas dari evalausi tulis siswa kelas II. Nilai rata-rata prestasi belajar siswa pada pra tindakan adalah 39, siklus I adalah 63, dan siklus II adalah 85. Ketuntasan klasikal pra tindakan adalah 19% meningkat pada siklus I menjadi 52%, dan siklus II adalah 100% dengan KKM 63. Kesimpulan yang dapat diambil adalah penggunaan media permen dalam pembelajaran matematika materi perkalian dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Saran yang dapat diberikan agar peneliti selanjutnya dapat menggunakan media permen dalam pembelajaran matematika dengan materi pembelajaran yang berbeda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206) |
Depositing User: | Mrs Fatimah Azzahra |
Date Deposited: | 25 May 2016 11:41 |
Last Modified: | 25 May 2016 11:41 |
URI : | http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |