UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA METODE STAD PADA SISWA KELAS V SD N KWADUNGAN KEDIRI

FAIZAH, IIS NUR (2011) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA METODE STAD PADA SISWA KELAS V SD N KWADUNGAN KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iisnurfaiz-23373-PENDAHUL-N.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iisnurfaiz-23373-BAB+I.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

SDN Kwadungan Kec. Ngasem Kab.Kediri adalah SD yang memiliki siswa dalam satu kelas tidak memenuhi standar kelas ideal dalam satu kelas namun jumlah siswa cukup banyak ditiap kelas. Terutama kelas V tahun pelajaran 2010/2011 berjumlah 46 siswa yang memiliki perbedaan dan kebutuhan. Karena hal tersebut guru tidak dapat memberikan pelayanan secara individual sehingga prestasi belajar siswa cenderung tidak meningkat. Hal ini terlihat dari hasil test UTS matematika tanggal 21 maret 2011. Hasil test yang didapat menunjukkan 58,6 % siswa yang mendapatkan nilai di bawah 60 dan hanya 41,4 % siswa yang mendapatkan nilai di atas 60. Dengan hal tersebut maka, guru dalam melaksanakan penelitian memilih dan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai yaitu pembelajaran tutor sebaya metode STAD. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria minimal ketuntasan belajar siswa sebesar 85 %. Pada siklus I ketuntasan klasikal prestasi belajar siswa 73,9 % dan aktifitas siswa menyampakian pendapat sebesar 63 %, kerja sama antar siswa sebesar 60,8%, aktif tidaknya siswa dalam melakukan pengamatan sebesar 71,7 %. Karena indikator keberhasilan masih belum tercapai maka perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II ketuntasan klasikal prestasi belajar meningkat menjadi 89,1% dan aktifitas siswa dalam penyampaian pendapat juga meningkat menjadi 86,9 %, kerja sama antar siswa menjadi 82,6 %, Aktif tidaknya siswa dalam melakukan pengamatan menjadi 76 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 10:22
Last Modified: 25 May 2016 10:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30816

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo