UMM Institutional Repository

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI

HAYATI, NANA RAHMA (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI CAMPUREJO 2 KOTA KEDIRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nanarahmah-23376-PENDAHUL-N.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nanarahmah-23376-BAB+I.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Campurejo 2 Kota Kediri masih sangat rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran bersifat verbalisme. Guru hanya menyampaikan materi, melakukan tanya jawab, kemudian memberikan tugas. Siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika. Siswa cenderung hanya duduk, diam, mendengarkan, kurang memiliki perhatian terhadap materi yang disampaikan guru, enggan dan takut bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan, sehingga juga berdampak pada prestasi belajar yang diperoleh rendah karena materi pelajaran tidak dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika materi bangun datar dengan menggunakan metode make a match. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan menggunakan metode make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas II SD Negeri Campurejo 2 Kota Kediri, dan apakah pembelajaran matematika materi bangun datar dengan menggunakan metode make a match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SD Negeri Campurejo 2 Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat dari 51,3% menjadi 82,1%. Meningkatnya aktivitas belajar matematika siswa berdampak pada hasil tes prestasi belajar siswa, yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari 74,4% menjadi 94,9%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode make a match dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika materi bangun datar siswa kelas II SD Negeri Campurejo 2 Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 10:21
Last Modified: 25 May 2016 10:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30815

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo