UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA MINIASI DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR PADA SISWA KELAS VA SDN TULUNGREJO 01 KEC. BUMIAJI KOTA BATU

INDAHWATI, ERNA SETIYO (2011) PENGGUNAAN MEDIA MINIASI DALAM PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP DAUR AIR PADA SISWA KELAS VA SDN TULUNGREJO 01 KEC. BUMIAJI KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernasetiyo-23383-PENDAHUL-N.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernasetiyo-23383-BAB+I.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa kelas VA SDN Tulungrejo 01 Kec. Bumiaji Batu mempunyai minat belajar dan pemahaman konsep siswa tentang daur air yang rendah. Siswa dapat menjelaskan manfaat dari air tetapi umumnya siswa masih kesulitan dalam mendeskripsikan proses terjadinya daur air dan kesulitan menjelaskan kegiatan manusia yang berpengaruh terhadap daur air. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peningkatan minat belajar dan pemahaman konsep daur air dengan menggunakan media miniasi dalam pembelajaran langsung.Penelitian ini menggunakan PTK yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan 2 kali pertemuan pada siklus 1 dan 2 kali pertemuan pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal-hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan Penggunaan Media Miniasi dalam Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Daur Air yaitu: (1) orientasi dan reviw topik atau materi yang akan diajarkan atau mereviw pengetahuan untuk pembelajaran (2) pengembangan, guru dapat menyajikan materi pelajaran baik berupa konsep-konsep maupun keterampilan (3) latihan terstuktur guru memandu siswa untuk melakukan latihan-latihan (4) penyimpulan, Guru memfasilitasi siswa untuk mengambil kesimpulan (5) latihan mandiri, siswa melakukan kegiatan latihan secara mandiri (6) evaluasi, menilai perkembangan kemampuan siswa. Berdasarkan hal tersebut kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran siklus 1 pertemuan ke-1sebesar 62,86% (cukup baik) dan pertemuan ke-2 73,33% (cukup baik), keaktifan siswa siklus I pertemuan ke 1 sebesar 54,32 (kurang baik) dan pertemuan ke 2 sebesar 64,18 (cukup baik). Pada siklus II kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran meningkat menjadi 82,38% (baik) dan keaktifan siswa meningkat menjadi 75,38%(baik). Sedangkan pemahaman konsep siswa siklus I sebesar 62,50% dan ketuntasan klasikal 62,50%. Sedangkan pada siklus II pemahaman konsep siswa meningkat menjadi 80,09 % dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 84,37%. Sedangkan untuk minat siswa pada siklus I 58,68 (sedang). Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 70,7(tinggi). Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan penelitian dengan menggunakan media miniasi pada pembelajaran langsung ini dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep daur air.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 25 May 2016 10:16
Last Modified: 25 May 2016 10:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30812

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo