UMM Institutional Repository

Peningkatan Prestasin Belajar Matematika Tentang Pengukuran Berat Badan Menggunakan Media Timbangan Sederhana Siswa Kelas I SDN Tanjungharjo I Bojonegoro

CHOLIFAH, SITI NURUL (2011) Peningkatan Prestasin Belajar Matematika Tentang Pengukuran Berat Badan Menggunakan Media Timbangan Sederhana Siswa Kelas I SDN Tanjungharjo I Bojonegoro. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sitinurulc-23401-BAB+I.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sitinurulc-23401-PENDAHUL-N.pdf

Download (35kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dra.Elly Purwanti,M.P (2) Drs. Budiono, M.Si. Matematika mengkaji benda abstrak (benda pikiran) yang disusun dalam suatu system aksiomatis dengan menggunakan symbol (lambang) dan penalaran deduktif. Peningkatan prestasi belajar matematika pengukuran berat benda ini perlu diterapkan pada siswa kelas I SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi belajar tentang pengukuran berat benda dengan menggunakan media timbangan sederhana dalam pelajaran matematika. Media timbangan sederhana ini wujudnya konkrit telah dikenal siswa. Hal inilah yang melatar belakangi penulis untuk mengambil judul " Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Tentang Pengukuran Berat Benda Menggunakan Media Timbangan Sederhana Siswa Kelas I SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro". Penggunaan media timbangan sederhana ini yaitu menggantikan obyek yang terlalu mahal, ruwet, terlalu besar, jauh, kecil dan jarang ditemukan sehingga dapat memudahkan untuk memahami materi yang diajarkan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro". Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, tahun ajaran 2010/2011. Berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan pada minggu ke 1, lama tindakan 2 siklus.. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian perbaikan pembelajaran dari siklus I dan siklus II dengan menggunakan media timbangan sederhana pada mata pelajaran matematika kelas I SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media timbangan sederhana dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika di SDN Tanjungharjo I Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, yang ditunjukkan dengan peningkatan nilai dari siklus I rata-rata 61 menjadi 78 pada siklus II. Peneliti menyarankan bagi (1) Menggunakan media dalam penyampaian materi pelajaran-pelajaran yang lain; (2) pihak sekolah khususnya dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten pada umumnya harus mau dan komit dalam memfasilitasi para guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan mengenai penulisan karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:30
Last Modified: 25 May 2016 04:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30801

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo