UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBONGREJO I GONDANG BOJONEGORO

ISWAHYUDI, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBONGREJO I GONDANG BOJONEGORO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iswahyudi0-23406-BAB+I.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iswahyudi0-23406-PENDAHUL-N.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (I) Dr. Yuni Pantiwati, MM, M.Pd, (II) Erna Yayuk, S.Pd Pembelajaran matematika yang selama ini terjadi di sekolah kurang membangkitkan minat dan kreativitas siswa. di kelas guru hanya menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa hanya pendengar (pasif), sedangkan guru lebih aktif dalam menentukan setiap kegiatan pembelajaran. Selama proses pembelajaran guru juga masih mendominasi, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Semua itu menjadi pemicu kurangnya pemahaman siswa pada materi yang telah diberikan. Rendahnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Permasalahan yang diajukan adalah bagaimana penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro dalam mata pelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun Ruang sederhana? Serta tujuan penelitian yang diajukan adalah mendeskripkan penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV B SDN Sambongrejo I dalam mata pelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas den subjek penelitian siswa kelas IV semester II di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi evaluasi pada siklus I 58% siswa mencapai ketuntasan karena belum mencapai standar ketuntasan kelas yaitu 70%, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Hasil nilai siswa pada siklus II mencapai 83% yang sudah mencapai ketuntasan, peningkatan mencapai 25%. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:21
Last Modified: 25 May 2016 04:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30795

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo