UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KREATIVITAS SENI BUDAYA KETERAMPILAN SISWA KELAS V SDN TEMPUREJO 2 KEDIRI MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH KORAN

Novitarini, Fri Hertin (2011) PENINGKATAN KREATIVITAS SENI BUDAYA KETERAMPILAN SISWA KELAS V SDN TEMPUREJO 2 KEDIRI MELALUI PEMANFAATAN LIMBAH KORAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-frihertinn-23407-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-frihertinn-23407-pendahul-n.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Pembimbing 1: Dra. Hari Windu Asrini, M.Si. Pembimbing 2 : Marhan Taufik, M.Si. Kreativitas dalam pembelajaran SBK tidak lepas dari hasil belajar siswa. Hasil belajar kelas V SDN Tempurejo 2 Kediri sangatlah rendah dengan KKM individu 65 dan KKM kelas 70%. Hal ini dikarenakan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal berasal dari siswa seperti bakat dan sikap. Bakat masingmasing siswa berbeda namun sangat kurang dalam pembinaannya. Sikap siswa dalam menerima pembelajaran SBK terkadang menunjukkan sikap yang tidak diharapkan seperti ramai, menyepelekan materi dan wring tidak mengerjakan tugas. Faktor eksternal berasal dari lingkungan terutama lingkungan sekolah. Selarna ini kondisi bclajar kurang efektif dikarenakan kolas gemuk menyebabkan konsentrasi bclajar siswa menurun. Selain itu, keterbatasan sarana dan prasarana seperti buku penunjang juga mempengaruhi kreativitas siswa. Demikian juga dengan pembinaan guru SBK selama kurang maksimal dikarenakan alokasi waktu dan keterbatasan dana untuk praktek sehingga mdngambil sumber dan bahan SBK dari lingkungan sekitar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas SBK pada siswa kelas V SDN Tempurejo 2 Kediri melalui pemanfaatan Irmbah koran. Penelitian dilakukan dengan dua siklus untuk mengetahui peningkatan kreativitas siswa. Data yang diolah berasal dari observasi, tes dan dokumen lain seperti catatan lapangan. Penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pada pelaksanaan penelitian, teknik yang digunakan adalah konstnlksi bangun dengan bahan limbah koran dan metode demonstrasi. Hasil yang diperoleh dibuktikan dengan keberanian siswa memunculkan ide melalui bentuk pola, cara menuangkan ide ke dalam rancangan pola 2D dan merealisasikan ide menjadi bentuk 3D. Peningkatan kreativitas diwujudkan ke dalam sikap, kinerja dan produk pembelajaran pada siklus 1 tidak berhasil karena tidak mencapai KKM yang ditargetkan, sedangkan pada siklus 2 berhasil dengan kriteria KKM individu 70 dan KKM kelas 75%. Keberhasilan pembelajaran siklus I mencapai 2,04% dari pra Jndakan, dengan ketuntasan belajar siswa kurang dari 75%, yaitu 47,5% siswa yang tuntas belajar. Sedangkan keberhasilan pembelajaran pada siklus 2 mencapai 8,69% dari siklus 2 dan 11,06% dari pra tindakan, dengan ketuntasan belajar siswa lebih dari 75%, yaitu 90% siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:20
Last Modified: 25 May 2016 04:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30794

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo