UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN KEBONTEMU I PETERONGAN JOMBANG

ARISWOYO, PUTUT (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI KOPERASI PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN KEBONTEMU I PETERONGAN JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-pututarisw-23411-BAB+1.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-pututarisw-23411-Pendahul-n.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) khususnya materi tentang Koperasi di sekolah dasar membutuhkan keterampilan tersendiri dari guru untuk mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga setelah pembelajaran selesai siswa mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang memadai tentang Koperasi. Kemampuan guru dalam pembelajaran IPS materiKoperasi sering menemui kendala dan hambatan yang pada tahapan selanjutnya relatif dalam upaya meningkatkan hasil be lajar siswa dalam bidang studi IPS. Langkah nyata yang bisa digunakan oleh guru adalah mengelola kegiatan belajar mengajar di kelas yang menjadi tanggung jawabnya dalam upayanya meningkatkan pemahaman siswa tentang Koperasi yaitu dengan menerapkan pembelajaran kooperatif teknik Think pair share Penerapan pembelajaran kooperatif teknik Think pair share akan memberikan kontributif bagi guru dalam upaya mengimplementasikan tuntutan kurikulum serta banyak pihak, dan tanggung jawabnya sebagai guru dalam pengert ian lebih luas. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh kegiatan dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dasar pemahaman tentang koperasi pada siswa kelas IV semester II SDN Kebontemu I Peterongan Jombang Penelitian peningkatan pemahaman siswa tentang koperasi denganmenggunakan pembelajaran kooperatif teknik Think pair share ini, pada prinsipnya secara jelas mempergunakan aturan -aturan prosedural dan sistematis. Penelitian ini juga diikuti aktivitas pen gkajian yang cermat dan teliti terhadap suatu pendekatan pembelajaran/metode tertentu dan mengkaji sejauh manadampak yang ditimbulkan oleh metode/pendekatan pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah melalui serangkaian tahapan proses penelitian, didapatkan seperangkat data yang dapat dianalisis untuk mengetahui tingkat keberhasilan penelitian peningkatan pemahaman materi koperasi pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV Semester II SDN Kebontemu I Peterongan Jombang dan dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif dengan teknik Think pair share pemahaman tentang materi Koperasi pada mata pelajaran IPS siswa ke las IV SDN Kebontemu I Peterongan Jombang dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:11
Last Modified: 25 May 2016 04:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30787

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo