UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWAKELAS V MI ISKANDAR SULAIMAN BATU

EKAWATI, ARIFIANA NUR (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWAKELAS V MI ISKANDAR SULAIMAN BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifiananu-23568-BAB+I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-arifiananu-23568-PENDAHUL-N.pdf

Download (449kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS sering kali di ajarkan secara konvensional, yaitu pembelajaran berpusat pada guru, yang menyebabkan siswa pasif dan kondisi kelas kurang kondusif. Hal tersebut menjadikan hasil belajar siswa menurun. Terlihat dari hasil ualangan harian siswa dari 26 siswa, sebanyak 15 siswa nilainya di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65. Penelitian tindakan kelas merupakan sarana untuk memperbaiki dan mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Peneliti menerapkan model cooperative learning tipe jigsaw. Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Iskandar Sulaiman Batu pada materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas V MI Iskandar Sulaiman pada tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 26 siswa. Beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini, diantaranya: observasi atau pengamatan selama proses dan perbaikan pembelajaran, wawancara dengan guru kelas, diskusi dengan guru, pelaksanaan pembelajaran dan hasil pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan tindakan yang dilakukan pada siklus I dan siklus II, maka diadakan refleksi pada proses dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran IPS yaitu 65. Adapun nilai hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasannya 54% sedangkan pada siklus II ketuntasannya sebesar 88%. Kesimpulannya adalah model cooperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Iskandar Sulaiman mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:07
Last Modified: 25 May 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo