UMM Institutional Repository

ANALISIS STRUKTUR INDUSTRI DAN KOMPETISI OPERATOR TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA

FATHURROZI, (2011) ANALISIS STRUKTUR INDUSTRI DAN KOMPETISI OPERATOR TELEKOMUNIKASI DI INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fathurrozi-23605-BAB+I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fathurrozi-23605-PENDAHUL-N.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, yang didalamnya dituntut adanya pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi sangat penting.Sejak tahun 1961 layanan telekomunikasi di Indonesia diselenggarakan oleh badan usaha milik negara namun reformasi regulasi pada september 1999 penghapusan monopoli dalam Industri Telekomunikasi di indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur dan persaingan industri telekomunikasi di Indonesia periode 2005-2010. Alat analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah alat analisis konsentrasi ratio (CR4), Indeks hirscman Herfindhal (IHH), TeoriPersaingan Cournot dan teori Persaingan Bertrand. Dari Hasil analisis menunjukkan bahwa industri telekomunikasi di Indonesia pada tahun 2005-2010 berstruktur Oligopoli dengan tingkat konsentrasi tinggi yaitu di atas 40%, dengan nilai konsentrasi ratio (CR4) sebesar 0,99389. Artinya 4 perusahaan terbesar menguasai sekitar 99.38% dari semua penawaran jasa telekomunikasi di Indonesia. Dalam Industri Telekomunikasi di Indonesia dua BUMN(PT. Telekomunikasi IndonesiaTbk dan PT. Indosat Tbk ) masih mendominasi industri telekomunikasi di indonesia dan yang paling dominan adalah PT. Telekomunikasi Indonesia(persero)Tbk. Pada Industri Operator Telekomunikasi penerunan harga suatu perusahaan telekomunikasi berkecendrungan akan menyebabkan perusahaan-perusahaan lain juga akan melakukan penurunan harga agar mereka tidak kehilangan pelanggan. Jika suatu perusahaan operator telekomunikasi menaikkan harga, maka produk-produk perusahaan lain menjadi relatif lebih murah, sebagai akibat suatu perusahaan yang menaikkan harga akan kehilangan pelanggan, sedangkan perusahaan lain yang tidak menaikkan harga bertambah banyak pelanggannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 04:04
Last Modified: 25 May 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30783

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo