UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI METODE SAS SISWA KELAS 1 SDN KEPUHARJO 1 KABUPATEN MALANG

Fadiah, (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING MELALUI METODE SAS SISWA KELAS 1 SDN KEPUHARJO 1 KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fadiah0739-21872-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fadiah0739-21872-PENDAHUL-N.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut masyarakat untuk gemar membaca. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang efektif dilakukan melalui membaca. Pada pendidikan sekolah dasar terutama pada kelas 1 kemampuan membaca nyaring harus sudah dimiliki. Pendidikan atau pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan membaca nyaring pada usia ini sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatan kemampuan membaca nyaring melalui penggunaan metode SAS pada siswa kelas 1 SDN Kepuharjo 1 Kabupaten Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian yang menyajikan pembelajaran Bahasa Indonesia terutama membaca nyaring yang menggunakan metode SAS dan tes membaca nyaring. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 36 siswa, dengan perincian 18 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif yang datanya diperoleh dari refleksi proses belajar mengajar yang dilakukan guru dengan menggunakan metode SAS. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa penggunaan metode SAS dalam pembelajaran membaca nyaring dikelas 1 SDN Kepuharjo I Kab. Malang terbukti meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa. Hal itu diindikasikan dari pencapaian target pada siklus I rata-rata test 58 dan siklus II rata-rata tes 67 dengan indikator kinerja, yakni 60% siswa mampu mencapai kemampuan membaca nyaring ≥60. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti mengajukan saran sebagai berikut: 1) guru hendaknya lebih sering melatih siswa dengan metode SAS, siswa nantinya dapat menemukan pengetahuan baru, memperoleh konsep dan keterampilan, 2) guru harus mampu menentukan atau memilih topik yang benar-benar bisa diterapkan dengan metode SAS dalam proses belajar mengajar sehingga diperoleh hasil yang optimal, 3) guru hendaknya menggunakan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 03:41
Last Modified: 25 May 2016 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30767

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo