UMM Institutional Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN GARIS BILANGAN MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MATA PELAJARANMATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GADINGKULON III MALANG

ANGGELA, DORA AYU (2011) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PERMAINAN GARIS BILANGAN MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MATA PELAJARANMATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GADINGKULON III MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-doraayuang-21874-BAB+I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-doraayuang-21874-PENDAHUL-N.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Gadingkulon 03 Malang. Dari hasil observasi yang dilakukan penulis di SDN Gadingkulon 3 Dau Malang menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam operasi hitung campuran bilangan bulat tergolong rendah, karena sistem pembelajaran yang klasikal, sehingga mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika tentang operasi hitung campuran bilangan bulat dengan menggunakan permainan garis bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan prosedur pelaksanaan mulai dari identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada semester II, di kelas IV. Hasil motivasi belajar pada siklus I yaiu 64% dan siklus II 80%. Sedangkan nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 30% dan siklus II 100%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada siklus II. Disarankan bahwa dalam pembelajaran guru hendaknya menggunakan media atau permaian belajar yang sesuai dengan materi dan perkembangan peserta didik. Hasil penelitian ini sangat dimungkinkan dapat diterapkan di sekolah lain jika kondisinya relatif sama atau mirip dengan sekolah yang menjadi penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 03:38
Last Modified: 25 May 2016 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30765

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo