UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII-B DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

PRIHARTINI, AYU (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII-B DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuprihart-27669-1-pendahul-n.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuprihart-27669-2-babi.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe Group investigation (GI) adalah salah satu model pembelajaran yang di dalamnya siswa bekerja secara kelompok, menentukan rumusan masalah dan implementasi investigasi serta menyajikan hasil investigasinya sesuai dengan topik yang dipilih. Adapun langkah-langkah dalam pembelajaran Group Investigation (GI) adalah seleksi topik, merencanakan kerja sama, implementasi, analisis dan sintesis, penyajian hasil akhir dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang. (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar biologi siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dengan pembelajaran tipe Group Investigation (GI) . Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VII-B sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 28 Juli sampai 23 Agustus 2011 di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang . teknik pengambilan datanya menggunakan lembar pengamatan, tes hasil belajar dan catatan lapangan. Analisis data untuk aktivitas belajar kooperatif menggunakan presentase tingkat aktivitas siswa, sedangkan prestasi belajar menggunakan ketuntasan belajar berdasarkan kriteria keberhasilan siswa dalam belajar. Fokus penelitian ini terdapat pada peningkatan prestasi dan aktivitas belajar biologi sebagai dampak penerapan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI). Hasil penelitian pada siklus tindakan I menunjukkan presentase rata-rata dari keempat elemen kooperatif yaitu saling ketergantungan positif, interaksi tatap muka, akuntabilitas individu, dan keterampilan menjalin hubungan antar pribadi adalah sebesar 76,6% setelah dilakukan tindakan perbaikan presentase rata-rata aktivitas aktivitas belajar siswa pada siklus tindakan II meningkat menjadi 96,6% selain itu ketuntasan belajar klasikal pada siklus tindakan I yaitu 70,3 % dan mengalami peningkatan pada siklus tindakan II menjadi 96,2% hal ini berarti bahwa pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) efektif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar biologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 May 2016 03:23
Last Modified: 25 May 2016 03:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30751

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo