UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI 7 MALANG

ANTIKA, DENI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI 7 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--deniantika-27759-1-pendahul-n.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--deniantika-27759-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Siswa SMAN 7 Malang mempunyai permasalahan dalam hasil belajar biologi. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran biologi dapat mempengaruhi hasil belajar sehingga hasil belajar siswa belum memenuhi KKM sebesar 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa Kelas X-6 SMA Negeri 7 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19–28 Juli 2011 dengan menggunakan dua siklus. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah satu kelas yakni 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata prosentase kenaikan skor pre-tes dan post-tes pada siklus I adalah 47,60% dari 50,58% pada saat pre-tes menjadi 74,66% pada post-tes dengan klasikal rata-rata ketuntasan 50%. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 58,93%, dari 49,72% saat pre-tes menjadi 79,02% saat post-tes dengan rata-rata klasikal ketuntasan 91,6%. Dengan demikian nilai yang diperoleh kelas X-6 pada siklus II mencapai ketuntasan. Prosentase jawaban siswa mengenai minat terhadap pelajaran biologi sebesar (23,7%) untuk prosentase sangat setuju dan prosentase setuju (47%) sedangkan prosentase tidak setuju (23,3%) dan sangat tidak setuju (7,4%), sehingga penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 7 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 May 2016 03:06
Last Modified: 25 May 2016 03:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30739

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo