UMM Institutional Repository

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DENGAN MIND MAP MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PASANGAN JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAKONG PAMEKASAN

SA’DIYAH, HALIMATUS (2012) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI DENGAN MIND MAP MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PASANGAN JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA NEGERI 1 PAKONG PAMEKASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-halimatuss-28359-1-pendahul-n.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-halimatuss-28359-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 1 Pakong, menurut sebagian besar siswa, biologi dianggap sebagai salah satu pelajaran yang sulit, karena memiliki banyak konsep yang menuntut pemahaman bukan hafalan. Sedangkan kemampuan siswa dalam memahami materi berbeda-beda, tidak semua siswa mampu memahami konsep tersebut tanpa menghafal. Hal ini merupakan salah satu penyebab siswa malas dan kurang termotivasi untuk belajar biologi, sedangkan dalam kegiatan belajar mengajar, motivasi memiliki peranan yang sangat penting. Pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan oleh siswa, bukan dibuat untuk siswa. Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya pendidik untuk membantu siswa melakukan kegiatan belajar. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan mind map melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pasangan jenis kelamin dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep bologi pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pakong. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan analisis kuantitatif. Pembelajaran dilakukan dengan menggabungkan tahapan TPS dengan mind map. Tahapan TPS terdiri dari 3 tahap, yaitu think dimana siswa mengerjakan mind map secara individu, dilanjutkan pada tahap pair yaitu siswa berpasangan dengan pasangan jenis kelamin, tahap terakhir share siswa mempresentasikan hasil mind map dengan pasangan jenis kelamin masing-masing. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa, pada siklus 1 siswa dengan kategori motivasi sangat tinggi hanya 35% meningkat menjadi 62,5% pada siklus 2. Kemampuan guru dalam pengelolaan Mind Map dalam pembelajaran kooperatif tipe TPS pasangan jenis kelamin 70,31% (baik), aktivitas siswa 75% (baik) di siklus 1 meningkat menjadi 98,44% (sangat baik), 90,63% (sangat baik) di siklus 2. Sebanyak 42,5% (17 siswa) memperoleh nilai pemahaman konsep > nilai KKM di siklus 1 meningkat menjadi 90% (36 siswa) di siklus 2. Hasil mind map siklus 1 menunjukkan hanya 9 pasangan yang tuntas, sedangkan pada siklus mangalami peningkatan menjadi 16 pasangan yang tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 May 2016 03:00
Last Modified: 25 May 2016 03:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo