UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP URGENSI EKSISTENSI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI ( Studi Kasus terhadap Pemahaman Pancasila pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2007/2008)

HIDAYATILLAH, YETTI (2011) PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP URGENSI EKSISTENSI PANCASILA DI ERA GLOBALISASI ( Studi Kasus terhadap Pemahaman Pancasila pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2007/2008). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yettihiday-22939-BAB+I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yettihiday-22939-PENDAHUL-N.pdf

Download (58kB) | Preview

Abstract

Eksistensi Pancasila di era globalisasi di Indonesia begitu urgen, hal ini disebabkan karena Pancasila mempunyai peranan penting yaitu sebagai Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Maka dari itu, Pancasila harus selalu bersemayam di dalam setiap jiwa bangsa Indonesia, khusunya Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang diberikan amanah untuk menjaga, mempertahankan, dan mengamalkan Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia ke dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilakukan terhadap Mahasiswa Universitas Muhamma-diyah Malang, dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui persepsi Mahasiswa terhadap urgensi eksistensi Pancasila sebagai Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa Indonesia di era globalisasi, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi Mahasiswa terhadap urgensi eksistensi Pancasila, (3) Untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam menjaga eksistensi Pancasila di era globalisasi, (4) Untuk mengetahui solusi mengatasi kendala yang muncul dalam menjaga eksistensi Pancasila di era globalisasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan wawancara dilakukan dengan tahapan-tahapan, yaitu: menggunakan petunjuk umum wawancara dan model wawancara baku terbuka, dan mengambil lokasi di kampus III Universitas Muhammadiyah Malang. Fokus penelitian ini mengenai Persepsi Mahasiswa terhadap Urgensi Eksistensi Pancasila di Era Globalisasi, sumber data penelitian ini adalah Mahasiswa angkatan 2007/2008 Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan yaitu teknik triangulasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sebagian Mahasiswa UMM, yang dijadikan subjek penelitian belum memahami eksistensi Pancasila di era globalisasi, (2) faktor yang mempengaruhi persepsi Mahasiswa terhadap Pancasila yaitu disebabkan karena (a) kekurangan dan kesalahan metode yang digunakan oleh Guru selama di bangku sekolah, yaitu cenderung monoton yang hanya meminta pserta didik untuk menghafal, sedangkan kurang diberikan pemahaman, (b) banyaknya praktek KKN yang dilakukan oleh para pejabat-pejabat negara, dan (c) kurangnya sosialisasi tentang Pancasila kepada masyarakat, (3) hambatan yang dihadapi yaitu (a) masuknya budaya asing ke Indonesia serta disertai dengan perkembangan IPTEK, (b) kurangnya minat Mahasiswa untuk memahami Pancasila dan metode guru yang cenderung monoton, dan (c) banyaknya praktek KKN, (4) Solusi untuk menjaga eksistensi Pancasila yaitu sering melakukan sosialisasi, adanya kesadaran dari tiap-tiap individu, dan mengubah metode pembelajaran yang digunakan oleh pengajar dan pendidik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 02:37
Last Modified: 25 May 2016 02:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30718

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo