UMM Institutional Repository

PENDIDIKAN POLITIK DI PONDOK PESANTREN AL- KARIMIYAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP

IDRIS, AHMAD (2011) PENDIDIKAN POLITIK DI PONDOK PESANTREN AL- KARIMIYAH, KECAMATAN GAPURA, KABUPATEN SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ahmadidris-22941-BAB+I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ahmadidris-22941-PENDAHUL-N.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Manusia terlahir sebagi mahluk politik (zoon politicon), yang artinya manusia tidak akan terlepas dari nuansa politik, oleh karena itu dalam mendidik manusia kea rah politik yang terhormat, maka seharusnyalah diadakan pendidikan politik pada setiap individu. Agar politik yang dilksanakan oleh setiap orang bisa menjadi media dan sarana untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik. Pendidikan politik merupakan hak dari setiap orang, tidak terkecuali dengan para santri yang hidup dan bergaul di kalangan pondok pesantren. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beberapa masalah yaitu a) bentuk kegiatan pondok pesantren Al-Karimiyah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep dalam pelaksanaan pendidikan politik. b) faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses pendidikan politik di pondok pesantren Al-Karimiyah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. c) bentuk partisipasi politik para santri Pondok Pesantren Al-Karimiyah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menekankan pada metode observasi, dokumentasi dan wawancara, berkenaan dengan permasalahan yang akan akan diteliti, kemudian menentukan informan yang akan diwawancara sesuai dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kegiatan Pondok Pesantren Al- Karimiyah, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, antara lain a)Kegiatan pembelajaran Pendidikan dan Kewarganegaraan di sekolah tingkat MTS maupun MA, b) Kegiatan dakwah yang diberikan oleh kyai yang bertemakan organisasi dan politik, c) Pengajian rutin mengenai Pancasila dan Keorganisasian (Sosialisasi). Faktor pendukung dan penghambat dari yang mempengaruhi proses pendidikan politik di Pondok Pesantren Al- Karimiyah, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep yaitu (1) Faktor pendukung, meliputi: a) Kebijakan Kyai, b) Organisasi dan manajemen yang baik, c) Sarana dan prasarana, d) Sosial budaya, serta e), Partisipasi masyarakat. Sedangkan (2) Faktor penghambatnya, yaitu: a) SDM, b) anggaran pendidikan, serta c) tenaga pendidikan. Bentuk partisipasi politik para santri Pondok Pesantren Al- Karimiyah Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep adalah, a) Intern bentuk partisipasi politik dari dalam ruang lingkup pesantren terwujud dalam hal pemilihan pengurus OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) yang dilaksanakan oleh santri setiap tahunnya, (b) Ekstern. Bentuk partisipasi politik ini ruang lingkupnya langsung ke masyarakat. Yaitu memberikan sosialisasi kepada masyarakat pada waktu pemilihan umum ataupun pemilihan Presiden dan Kepala Daerah Berdasarkan dari hasil penelitian diatas disarankan bagi Pondo Pesantren Al- Karimiyah, Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep untuk dapat memberikan pendidikan politik secara maksimal serta meningkatkan sarana dan prasarana guna menunjang pendidikan politik para santri sehingga para santri mengetahui dan memahami tentang hak dan tanggung jawabnya sebagai individu ataupun sebagai warga Negara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 02:33
Last Modified: 25 May 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30716

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo