UMM Institutional Repository

KESADARAN MASYARAKAT DESA SAPEKEN TERHADAP PENTINGYA PENDIDIKAN (Analisis dari Meningkatnya Minat Generasi Muda dalam Mendapatkan Pendidikan)

Arifin, Bustamil (2011) KESADARAN MASYARAKAT DESA SAPEKEN TERHADAP PENTINGYA PENDIDIKAN (Analisis dari Meningkatnya Minat Generasi Muda dalam Mendapatkan Pendidikan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bustamilar-23214-5BBAB+I.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-bustamilar-23214-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukuran normatif. Pendidikan mengarahkan pada terbangunya paradigma berpikir yang tidak jauh dari realita sosial, namun mampu bersentuhan secara kongkret dan riil dengan sesuatu yang sedang terjadi dalam persoalan kemasyarakatan. Bagi masyarakat desa Sapeken sekolah itu buang waktu mendingan mereka turun ke laut mencari ikan dan kemudian hasil dari laut itu mereka jual yang kemudian dapat menghasilkan uang. Maka dari itu tidak sedikit dari mereka yang tidak menamatkan pendidikanya sekolah dasar, SMP, dan SMA, bahkan sebagian dari masyarakat desa Sapeken yang buta aksara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana kondisi pendidikan masyarakat desa Sapeken? 2. Bagaimana persepsi masyarakat desa Sapeken terhadap pentingnya pendidikan? 3. Bagaimana motif kesadaran masyarakat desa Sapeken terhadap pendidikan? Tujuan dari penelitian ini sendiri, Mengetahui kondisi pendidikan di desa Sapeken. Menjelaskan persepsi masyarakat desa Sapeken terhadap pentingnya pendidikan. Menjelaskan motif kesadaran masyarakat desa Sapeken terhadap pendidikan. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Kuatitatif adalah penelitian yang ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagain dan fenomena serta hubungan-hubungannya, motede ini disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: Kondisi pendidikan di desa Sapeken dari tahun ke tahun sudah mengalami perubahan terbukti dengan banyaknya lembaga-lembaga pendidikan swasta didirikan mulai dari tingkat taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi. Persepsi masyarakat ke desa Sapeken terhadap pendidikan sudah berubah, masyarakat desa Sapeken tidak lagi menganggap bahwa pendidikan hanya sekedar membuang uang dan waktu saja. Kesadaran masyarakat desa Sapeken terhadap pendidikan sudah sangat tinggi, sehingga banyak masyarakat desa Sapeken yang dulunya tidak begitu peduli terhadap pendidikan kini mereka sudah berlomba-lomba untuk menyekolah anak-anak mereka mulai dari tingkat TK sampai keperguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 02:30
Last Modified: 25 May 2016 02:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30712

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo