UMM Institutional Repository

EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PEMBERIAN DAN PELUNASAN KREDIT

HIJRIANTO, SHOFFA (2012) EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PEMBERIAN DAN PELUNASAN KREDIT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--shoffahijr-27659-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--shoffahijr-27659-2-babi.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan penerapan sistem pengendalian intern khususnya untuk pemberian dan pelunasan kredit pada PT BANK KBPR PANCA DANA BATU. Dan untuk menilai efektifitas pelaksanaan sistem pengendalian intern atas pemberian dan pelunasan kredit. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif, yaitu penyajian data yang diperoleh dari perusahaan dengan memberikan gambaran menurut apa adanya sesuai dengan kenyataan pada saat penelitian. Hasil evaluasi struktur organisasi disimpulkan selama ini pihak manajemen telah menerapkan sistem pengendalian intern cukup baik, karena Adanya pemisahan fungsi kredit dari bagian akuntansi, tetapi dalam pelaksanaan tugas dan wewenang yang dilakukan oleh bagian pemasaran yang merangkap tugas sebagai bagian dari proses pemberian dan pelunasan kredit, menunjukkan sistem pengendalian yang kurang efektif. Hasil evaluasi prosedur pencatatan pemberian dan pelunasan kredit dapat Diketahui bahwa dokumen-dokumen yang digunakan sudah cukup baik. Hal tersebut tampak pada kolom jawaban yang sangat detail dan cukup akurat. Untuk hasil evaluasi Mengenai prosedur pelunasan kredit menunjukkan bahwa PT Bank KBPR Panca Dana Batu menerapkan sistem pelunasan yang cukup efektif, kasus kredit macet pada Panca Dana bisa dibilang sangat rendah, dari tahun 2009 0%, tahun 2010 : 0%, dan tahun 2011 : 1%. Hal ini menunjukkan bahwa KBPR Panca Dana menerapkan prosedur Pelunasan Kredit yang cukup efektif. Hasil evaluasi analisis praktik yang sehat dapat dilihat bahwa PT Bank KBPR Panca Dana Batu telah melakukan praktek yang sehat dalam prosedur pengendalian kredit yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi atas karyawan yang kompeten dan jujur tersebut maka dapat dikatakan bahwa selama ini PT Bank KBPR Panca Dana Batu telah mencerminkan sistem pengendalian intern secara tepat. Setelah diterima sebagai karyawan maka akan ditraining selama 3 bulan. Selanjutnya pihak manajemen bank telah melaksanakan program pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan karyawan dan secara berkala dilakukan rotasi jabatan untuk menetapkan standar jabatan sehingga mereka dapat bekerja secara profesional. Saran yang diberikan kepada perusahaan yaitu Diharapkan pihak manajemen dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas atas prosedur pemberian dan pelunasan kredit yang ditetapkan diharapkan didukung oleh keberadaan para karyawan selalu bekerja sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan sehingga prosedur yang ditetapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Dan Diharapkan sistem pelunasan yang diterapkan PT Bank KBPR Panca Dana Batu bisa dipertahankan efektifitasnya, agar kasus kredit macet yang selama ini menjadi masalah yang serius pada kebanyakan bank, bisa dihindari oleh pihak manajemen bank Panca Dana Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 02:20
Last Modified: 25 May 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30706

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo