UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED-LEARNING DIPADUKAN DENGAN STRATEGI INQUIRI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

PUSPAWATI, NANIK (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED-LEARNING DIPADUKAN DENGAN STRATEGI INQUIRI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanikpuspa-28363-1-pendahul-n.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanikpuspa-28363-2-bab1.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang menunjukkan bahwa banyak siswa kelas XI IPA 1 yang tidak tuntas hasil belajarnya (rata-rata nilai klasikal siswa < 85%) dan tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), dimana nilai KKM untuk kelas XI adalah ≥ 75. Selain itu, kemampuan dalam memecah masalah siswa masih rendah dalam hal memahami masalah, menyelesaikan masalah, dan menjawab masalah pada saat proses pembelajaran berlangsung. Rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang melalui penerapan model pembelajaran Problem-Based-Learning (PBL) dipadukan dengan strategi inquiri. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan, persentase hasil belajar siswa meningkat dari 71,87% pada pra siklus 1 menjadi 73,52% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 100% pada siklus 2, sehingga terjadi peningkatan sebesar 1,65% antara pra siklus 1 dan siklus 1 serta terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 26,48% antara siklus 1 dan siklus 2. Untuk kemampuan pemecahan masalah juga terjadi peningkatan, dimana persentase siswa yang mampu dalam memecahkan masalah pada silus 1 adalah 26,47% sedangkan pada siklus 2 persentase siswa yang mampu memecahkan masalah adalah 88,23%. Hal ini berarti terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 61,76% antara siklus 1 dan siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PBL dipadukan dengan strategi inquiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 May 2016 02:20
Last Modified: 25 May 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30705

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo