UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIC SMP MUHAMMADYAH 06 DAU MALANG

FARHAN, ANTHOFANI (2012) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIC SMP MUHAMMADYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anthofanif-28364-1-pendahul-n.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anthofanif-28364-2-babi.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi ilmu pengetahuan alam kelas VIIC SMP Muhammdyah 06 Dau Malang menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIIC rendah sehingga mempengaruhi hasil belajar (hasil belajar belum memenuhi SKBM) standar ketuntasan belajar minimal SKBM ≥ 75. Tujuan penelitian masalah dapat mendiskripsikan pembelajaran kooperatif STAD dengan Peta Konsep untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIC pada mata pelajaran biologi di SMP Muhammadyah 06 Dau Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai taraf keberhasilan sangat baik atau taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 53,44% pada siklus I menjadi 85,42% pada siklus II dengan selisih 31,98%. Rata-rata skor ulangan 77,1 pada siklus I dengan daya serap klasikal siklus ini 79,31%, meningkat pada siklus II denga rata-rata skor ulangan 91,03 dengan daya serap klasikal sebesar 93,1%. Dengan demikian nilai total keseluruhan mencapai ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIIC sudah tuntas belajarnya karena sudah mencapai daya serap klasikal yaitu ≥ 85% dengan ketuntasan belajar minimal (SKBM) yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 75. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran STAD dengan Peta Konsep meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIC SMP Muhammadyah 06 Dau Malang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 25 May 2016 02:16
Last Modified: 25 May 2016 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30701

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo