UMM Institutional Repository

ANALISIS RISIKO TINGKAT BUNGA PADA BEBERAPA BANK YANG SAHAMNYA TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESI

MafaÂ’idah, Azizatul (2012) ANALISIS RISIKO TINGKAT BUNGA PADA BEBERAPA BANK YANG SAHAMNYA TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--azizatulma-27756-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--azizatulma-27756-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar risiko tingkat bunga yang harus dihadapi oleh bank-bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui bank mana yang mempunyai risiko tingkat bunga tertinggi dari bank-bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menyusun mismatch rate sensitivity, menghitung dan menentukan posisi kesenjangan dan menghitung rasio kesenjangan relative. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa risiko tingkat bunga yang harus dihadapi bank-bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2008 sampai dengan periode 2010 menunjukkan adanya kecenderungan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bank Bukopin, Tbk merupakan bank yang mempunyai risiko tingkat bunga tertinggi di antara bank-bank yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Beberapa saran yang diajukan dalam penelitian yaitu bagi manajemen bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, diharapkan dapat memanfaatkan terjadinya kesenjangan dalam mengoptimalkan aktivitas yang dilakukan oleh bank yaitu dengan menerapkan suatu strategi yang tepat sehingga asset yan dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung kegiatan operasional bank. Bagi para nasabah diharapkan untuk selalu melakukan analisis secara kontinu sehingga perkembangan kemampuan bank dalam menghasikan keuntungan dapat diketauhi secara jelas. Upaya tersebut dilakukan agar para nasabah dapat terhindar dari risiko investasi yang dilakukan. Bagi pemegang saham perbankan yang terdaftar di BEI diharapkan selalu melakukan evaluasi atas kinerja perbankan sehingga saham yang digunakan untuk berinvestasi dapat memberikan keuntungan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 02:14
Last Modified: 25 May 2016 02:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo