UMM Institutional Repository

PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 Tahun 2009-2010)

Henugroho, Catur Bayu (2012) PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan LQ45 Tahun 2009-2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--caturbayuh-27215-2-bab1.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--caturbayuh-27215-1-pendahul-n.pdf

Download (787kB) | Preview

Abstract

Ukuran yang digunakan untuk menilai keberhasilan manajer keuangan dalam mengelola keuangan perusahaan adalah dengan melihat nilai perusahaan .Suatu keputusan dikatakan benar apabila dapat meningkatkan nilai perusahaan. Dalam hal ini karakteristik perusahaan disinyalir merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Karakteristik perusahaan yang diproksikan dengan Ukuran perusahaan, leverage, Profitabilitas dapat diartikan merupakan ciri khas yang melekat pada suatu perusahaan jika dilihat dari seberapa besar asset yang dimiliki perusahaan, proposi hutang yang digunakan untuk membiayai asset, dan kemampuan perusahaan menghasilkan laba dari total assetnya. Oleh karena itu penulis mengambil judul pengaruh karakteristik perusahaan terhadap nilai perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Tahun 2009-2010). Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan karakteristik perusahaan yang tergolong indeks LQ 45, Mengukur nilai perusahaan yang berbasis pasar pada perusahaan yang tergolong indeks LQ 45 dan Menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap nilai perusahaan yang tergolong indeks LQ 45. Penelitian ini merupakan penelitian kwantitatif yang menggunakan data sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang tergolong dalam indeks LQ 45 tahun 2009-2010. Untuk mendeskripsikan karakteristik perusahaan dan nilai perusahaan menggunakan stastistik deskriptif, sedangkan model penelitian diestimasi dengan menggunakan persamaan regresi linier berganda dan untuk menguji variable bebas terhadap variable terikat secara silmutan dan parsial dengan menggunakan uji F dan uji t. Hasil uji F menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu ukuran perusahaan, leverage, profitabilitas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan berdasarkan hasil uji t dapat diketahui secara parsial ukuran perusahaan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 01:52
Last Modified: 25 May 2016 01:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30693

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo