UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GCG (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) (StudiEmpirisPada Perusahaan Publik Yang Disurvei IICG Indonesian Institute for Corporate Governance)

ROSADI, JABAL JAUHAR (2012) ANALISIS KINERJA KEUANGAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN GCG (GOOD CORPORATE GOVERNANCE) (StudiEmpirisPada Perusahaan Publik Yang Disurvei IICG Indonesian Institute for Corporate Governance). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--jabaljauha-27285-2-babi.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--jabaljauha-27285-1-pendahul-n.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Rasio keuangan yang dihitung dan diinterpretasikan secara tepat akan mampu menunjukkan pada aspek-aspek mana yang perlu dievaluasi dan dianalisa lebih lanjut. Rasio keuangan yang dihitung dan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan harus dikaitkan dengan tujuan utama yang hendak dicapai. Melalui penilaian dari analisa rasio keuangan maka pihak yang berkepentingan dapat memahami makna yang terkandung dalam laporan keuangan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance)dan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance). Analisis yang dilakukan yaitu mengukur kinerja keuangan sebelum dan sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance) dengan menggunakan rasio CR, TATO, NPM, ROA dan ROE dan uji hipotesis untuk mencari perbedaan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance) dengan menggunakan uji beda dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui atas kinerja keuangan dapat diketahui bahwa sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance). Hasil Current Ratio(CR), Total Asset Turn Over (TATO), Net Profit Margin(NPM) danReturn On Asset (ROA) menunjukkan adanya kinerja yang mengalami peningkatan. Adapun kemampuan perusahaan untuk melakukan pengelolaan atas modal sendiri yang dimiliki dalam memperoleh laba yang tersedia bagi para pemegang saham perusahaan menunjukkan adanya penurunan, dimana hal tersebut dapat dibuktikan dengan Return On Equity(ROE) setelah menerapkan GCG (Good Corporate Governance menunjukkan penurunan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan dengan menggunakan uji beda dua rata-rata atau independent samples test dapat diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah menerapkan GCG (Good Corporate Governance). Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu perusahaan untuk berusaha meningkatkan jaminan dalam mengunakan atas modal sendiri yang dimiliki, selalu berupaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam rangka untuk mendukung atas aktivitas operasional perusahaan dan perusahaan diharapkan dapat melaksanakan prinsip-prinsip GCG (Good Corporate Governance)sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 01:39
Last Modified: 25 May 2016 01:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30687

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo