UMM Institutional Repository

EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA BASUKI RACHMAT MALANG

prasetyo, Didik (2012) EVALUASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA BASUKI RACHMAT MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--didikprase-27286-2-babi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--didikprase-27286-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Basuki Rachmat Malang. Perusahaaan melakukan berbagai aktivitas untuk mempertahankan kelangsungan usahanya. Salah satu aktivitas perusahaan adalah menjual produk atau jasa. Oleh Karena itu, diperlukan adanya sistem akuntansi yang dapat membantu manajemen dalam mengelola perusahaan dan mengadakan pengawasan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menilai Sistem Informasi Akuntansi penjualan yang ada pada Toko Buku Gramedia Basuki Rachmat Malang apakah sudah efektif. Metode analisis yang digunakan untuk mengetahui bagaimana system informasi akutansi penjualan pada toko buku gramedia malang yaitu dengan analisis deskkriptif, yaitu dengan cara Analisis terhadap output, fungsi-fungsi yang terkait dan dokumen-dokumen apa saja yang digunakan dalam penjualan tunai serta bagaimana system pengendalian internnya. Berdasarkan hasil evaluasi dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi pada fungsi penjualan yang ada pada toko buku gramedia sudah berjalan secara efektif, ini dapat dilihat dari Struktur organisasi telah terbentuk dengan baik, setiap tugas dan tanggung jawab setiap fungsi digambarkan dalam bagan alir (flow chart), sehingga setiap karyawan dapat melakukan fungsinya dengan baik. selain itu masih juga masih di temukan kelemahan pada prosedur penjualan yaitu Seringnya terjadi kesalahan dalam memasukkan data terutama bagian kasir, sehingga tiap kali harus membuat memo (berita acara) setiap akhir pergantian shiff. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengimplikasikan bahwa hendaknya dilakukanya pelatihan-pelatihan khusus terhadap karyawan khususnya kasir agar lebih mengusai dan tidak terjadi kesalahan dalam memasukkan data, sehingga tidak harus membuat surat memo setiap pergantian shiff.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 25 May 2016 01:37
Last Modified: 25 May 2016 01:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30686

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo