UMM Institutional Repository

PEMERIKSAAN OPERASIONAL ATAS FUNGSI PELAYANAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS (Studi kasus pada PDAM Kota Tuban)

Afifah, Nurul (2012) PEMERIKSAAN OPERASIONAL ATAS FUNGSI PELAYANAN PELANGGAN UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS (Studi kasus pada PDAM Kota Tuban). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--nurulafifa-27454-1-pendahul-n.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--nurulafifa-27454-2-babi.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus pada Perusahaan Air Minum Kota Tuban dengan judul “Pemeriksaan Operasional Atas Fungsi Pelayanan Pelanggan Untuk Meningkatkan Efektivitas”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bahwa PDAM sudah memberikan pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan ketentuan perusahaan dan untuk mengkaji bahwa fungsi pelayanan pelanggan telah dikelola secara efektif dalam pencapaian sasaran perusahaan. Analisa yang digunakan mengacu pada tahapan pemeriksaan operasional, yaitu persiapan pendahuluan, penelitian lapangan, pengembangan program, pelaksanaan pemeriksaan, pelaporan dan tindak lanjut. Pada tahap pengembangan program dilakukan pemeriksaan mendalam dan analisis pengujian data. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui tingkat efektivitas adalah dengan pengukuran skor kualitas pelayanan yang diukur dari skor derajat kepentingan, skor kinerja, dan skor harapan. Hasil analisa sesuai dengan tolok ukur yang digunakan untuk meningkatkan efektivitas fungsi pelayanan bahwa PDAM belum efektif dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, terbukti dengan hasil skor kualitas yang mempunyai nilai negatif. Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis merekomendasikan bahwa sebaiknya PDAM mengetahui harapan pelanggan dan memberikan pelatihan kepada karyawan lapangan untuk meningkatkan efektivitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 24 May 2016 09:14
Last Modified: 24 May 2016 09:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo