UMM Institutional Repository

PENERAPAN MEDIA KOMIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

AINI, QURROTU (2012) PENERAPAN MEDIA KOMIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--qurrotuain-27864-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--qurrotuain-27864-1-pendahul-n.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang kelas VII-F menunjukkan bahwa pembelajaran biologi di kelas belum optimal. Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan proses pembelajaran yang lebih baik, oleh karena itu guru dan peneliti memilih menggunakan media komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan media komik melalui pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran biologi pada siswa kelas VII-F SMP Negeri 9 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dikemas dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-F dengan jumlah siswa sebanyak 36 di SMP Negeri 9 Malang. Data-data diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh pengamat selama kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mengetahui aktivitas siswa dan hasil belajar setelah penerapan media komik Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media komik melalui pembelajaran kooperatif tipe Contextual Teaching and Learning aktivitas siswa mengalami peningkatan. Dari pengamatan yang dilakukan dapat dikatakan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan persentase yang semula 69,79% menjadi 87,15% dan hasil akhir menunjukkan kriteria aktif. Hasil belajar siswa dengan menerapkan media komik memiliki jumlah klasikal sebesar 83,33% dengan kriteria tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 09:09
Last Modified: 24 May 2016 09:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30671

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo