UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA DI KELAS VIII D SMP RADEN FATAH KOTA BATU

SUWANTO, (2012) PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA DI KELAS VIII D SMP RADEN FATAH KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--suwanto073-27866-2-bab1.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--suwanto073-27866-1-pendahul-n.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dari segi pelaksanaan secara operasional adalah terwujud dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam kegiatan belajar mengajar, model pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk menentukan keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses belajar mengajar biologi kelas VIII-D SMP Raden Fataah Kota Batu adalah siswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional yaitu suatu pembelajaran yang diterapkan di kelas menggunakan metode ceramah, sebagian siswa cenderung berbicara atau bercanda dengan teman sebangkunya atau teman lain, sebagian siswa keluar dari ruang kelas ketika guru menyampaikan pelajaran dan sebagian siswa bermain Handphone di dalam kelas, saat guru memberi kesempatan untuk bertanya ada 2 siswa yang bertanya dari jumlah 37 siswa dalam kelas, hasil belajar biologi pada materi tahapan perkembangan manusia pada semester ganjil rata-rata 60 nilai tersebut masih tergolong rendah karena kriteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 70. Oleh karena itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan dengan permasalahan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu dengan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui penerapan model siklus belajar dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) mengetahui penerapan model siklus belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Pada aktivitas terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II, aktivitas bertanya pada siklus I mencapai 88,89% meningkat pada siklus II menjadi 94.44%, aktivitas berpendapat pada siklus I mencapai 83.33% meningkat menjadi 88.89% pada siklus II dan aktivitas kerjasama pada siklus I dan II tetap tidak berubah yaitu 100%. Pada hasil belajar siswa secara klasikal terdapat peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 58.91 menjadi 81.35 dengan kriteria pada siklus I Tidak Tuntas dan pada siklus II menjadi Tuntas. Prosentase ketuntasan pada siklus I sebesar 27.1%, dan meningkat pada siklus II menjadi 91.8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 09:08
Last Modified: 24 May 2016 09:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30670

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo