UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) DALAM METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 18 MALANG

FAUZIANA, YAYU (2012) PENERAPAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) DALAM METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII-E SMP NEGERI 18 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--yayufauzia-27879-2-babi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--yayufauzia-27879-1-pendahul-n.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting bagi perkembangan pola berpikir kritis siswa, karena disetiap jenjang proses pembelajaran selalu menitikberatkan pada peningkatan dan perkembangan berpikir siswa. Hasil belajar yang masih rendah menunjukkan bahwa proses pembelajaran masih belum berhasil. Berdasarkan kenyataan hasil belajar siswa kelas VIII E di SMP Negeri 18 Malang mata pelajaran biologi tergolong rendah, karena nilai rata-rata akhir yang dicapai hanya 60. Pencapaian hasil belajar tersebut belum dapat dikatakan tuntas, karena Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas VIII adalah 70. Hasil observasi awal di SMP Negeri 18 Malang menunjukkan bahwa salah satu penyebab rendahnya hasil belajar adalah pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah tersebut masih menggunakan metode ceramah. Untuk itu Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Metode Eksperimen diterapkan sebagai alah satu alternative untuk meningkatkan aktivits dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Metode Eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa, 2) Penerapan Mengetahui Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil biologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Metode Eksperimen dari siklus I ke siklus II secara klasikal dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi 2) Penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dalam Metode Eksperimen dari siklus I ke Siklus II dapat meningkatkan hasil belajar biologi yang diukur dari prosentase ketuntasan belajar minimal secara klasikal. Pada siklus I secara klasikal ketuntasan belajar adalah 66.66%. Sebenarnya sudah dapat dikatakan tuntas belajar. Namun, belum maksimal karena siswa yang tuntas belajar kurang dari 70%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 88.88% sehingga pada siklus II dapat dikatakan tuntas belajar secara maksimal karena siswa yang tuntas belajar lebih dari 70%. Peningkatan hasil belajar pada siklus II membuktikan bahwa PBMP dapat diterapkan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 08:56
Last Modified: 24 May 2016 08:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo