UMM Institutional Repository

PENERAPAN PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, and Society) DENGAN GAME ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SOCIAL SKILL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

LESTARI, WAHYU PUJI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN SETS (Science, Environment, Technology, and Society) DENGAN GAME ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SOCIAL SKILL SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--wahyupujil-27881-2-babi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--wahyupujil-27881-1-pendahul-n.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang menunjukkan bahwa, banyak siswa kelas VIIC yang tidak tuntas hasil belajarnya (rata-rata nilai klasikal siswa ≤ 65%) dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan mínimum (KKM), dimana nilai KKM untuk kelas VII adalah 65. Selain itu, kecakapan sosial (social skill) siswa masih rendah ditinjau dari aspek komunikasi, kerjasama, dan sikap selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Rendahnya social skill siswa dapat berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan social skill siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang melalui penerapan pendekatan SETS dengan game ular tangga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, prosentase hasil belajar siswa meningkat dari 74,07% pada siklus I menjadi 92,59% pada siklus II, sehingga terjadi peningkatan sebesar 18,52%. Untuk social skill juga terjadi peningkatan, dimana pada aspek komunikasi siklus I siswa yang mendapat skor 3 ada 2 siswa meningkat 12 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 2 ada 13 siswa meningkat 15 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 1 ada 12 siswa dan pada siklus II sudah tidak ada. Pada aspek kerjasama siklus I dengan skor 3 ada 3 siswa meningkat 8 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 2 ada 17 siswa meningkat 19 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 1 ada 7 siswa dan pada siklus II sudah tidak ada. Sedangkan pada aspek sikap siklus I dengan skor 3 ada 18 siswa meningkat 20 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 2 ada 3 siswa meningkat 7 siswa pada siklus II, siklus I dengan skor 1 ada 6 siswa dan pada siklus II sudah tidak ada. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS dengan game ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar dan social skill siswa kelas VIIC SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 08:50
Last Modified: 24 May 2016 08:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo