UMM Institutional Repository

PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS BLOG MELALUI METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 MALANG PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI

HAMID, HUZAIFAH (2012) PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS BLOG MELALUI METODE GROUP TO GROUP EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMAN 1 MALANG PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--huzaifahha-27882-2-babi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--huzaifahha-27882-1-pendahul-n.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Akar permasalahan dari rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa untuk memahami materi-materi biologi yang bersifat abstrak ini, dikarenakan siswa lebih banyak hanya pasif dan mendengar penjelasan dari guru tanpa ikut berinteraksi untuk memvisualisasikan isi dari materi pembelajaran tersebut. guru cukup sulit mengajarkan materi seperti ini karena materi yang abstrak membutuhkan banyak upaya visualisasi untuk mengkonkritkan isi materi agar lebih dipahami oleh siswa. Blog mempunyai berbagai kelebihan diantaranya adalah siswa dapat melihat gambar-gambar dan video kongkrit dari materi serta link ke berbagai website yang dapat menambah wawasan siswa Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri I Malang pada materi sistem reproduksi. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengatasi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dengan menerapkan media pembelajaran berbasis Blog. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaannya, PTK akan dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang dijadikan objek tindakan adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri I Malang semester genap pada tahun ajaran 2010/2011. Pada pelaksanaan tindakan siklus I didapatkan hasil untuk hasil belajar didapatkan presentase ketuntasan mencapai 44,44 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan aktivitas belajar pada siklus I terdapat data belum semua mencapai kategori minimal angka 7 dengan sebaran data kategori 10 (0%), 9 (0%), 8 (2,6%), 7 (39,5%), <7 (57,9%). Pada siklus II terjadi peningkatan nilai aktivitas siswa mencapai kategori minimal angka 7 dengan sebaran data kategori 10 (0%), 9 (5%), 8 (23,7%), 7 (71,1%), <7 (0%). Berdasarkan hasil akhir penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis Blog pada siswa kelas XI SMAN 1 Malang materi sistem reproduksi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 08:49
Last Modified: 24 May 2016 08:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30660

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo