UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MALANG

Hariyanti, Tati (2011) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS X MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tatihariya-22200-BAB+I.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian bulan maret 2011, Diketahui pembelajaran biologi di kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang diketahui siswa cenderung pasif dan mencatat materi yang disampaikan oleh guru.Aktivitas tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.Untuk mengatasi permasalahan tersebut makadigunakan metode simulasi.Metode simulasi merupakan metode yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran dengan melakukan kegiatan atau memegang peran suatu konsep tertentu.Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian yang berjudul "Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas yang meliputi visual and listening activities, oral activities dan motor activities serta Hasil belajar kognitif dan afektif. Metode pembelajaran simulasi yang dilaksanakan dalam dua sikluspersiklus dua pertemuan.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Muhammadiyah 1 Malang, semester genap tahun ajaran 2010-2011.Jumlah siswa 23 orang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki.Aktivitas siswa diukur menggunakan lembar aktivitas siswa dan hasil belajar diukur menggunakan tes kognitif dan afektif.Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes, angket sikap, lembar observasi, catatan lapangan, dan kamera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Aktivitas siswa khususnya visual and listening activities pada siklus 1 mencapai 95% dan 100% pada siklus 2. Aktivitas yang berupa oral activities pada siklus 1 mencapai 78% dan 83% pada siklus 2. Sementara aktivitas siswa yang berupa motor activities adalah 100% pada siklus 1 dan siklus 2. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus 1 dan siklus 2 sebesar 91% siswa tuntas.Hasil belajar afektif siswa pada siklus 1 belum mencapai indicator keberhasilan yaitu sebesar 83%, dan pada siklus 2 hasil belajar afektif menjadi 100% siswa tuntas. berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan melalui penerapan metode simulasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 08:17
Last Modified: 24 May 2016 08:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30641

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo