UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ASET DAN DANA PIHAK KETIGA (Studi Pada Perbankan Syariah di Kota Malang)

Susanti, Wiwik Ani (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN ASET DAN DANA PIHAK KETIGA (Studi Pada Perbankan Syariah di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--wiwikanisu-27529-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--wiwikanisu-27529-2-babi.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Perbankan syariah dalam istilah internasional dikenal sebagai Islamic Banking (iB) atau perbankan tanpa bunga (Interest-free Banking) yang beroperasi sesuai dengan prinsip syariah. Fenomena perkembangan perbankan syariah saat ini dapat dilihat dari persentase peningkatan aset, pembiayaan, dan dana pihak ketiga (DPK) yang dihimpun perbankan syariah setiap tahunnya. Jenis penelitian adalah studi empiris didukung oleh survey dengan mengumpulkan data mengenai faktor-faktor yang terkait. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data mengenai tanggapan responden terhadap variabel-variabel yang mempengaruhi konsumen memilih jasa perbankan syariah. Teknik analisis data yang digunakan adalahanalisisfaktordanujiregresi linier berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antara faktor syariah, produk, pelayanan, promosi, sosial, pribadi, psikologis, dan budaya tehadap keputusan konsumen memilih jasa perbankan syariah di Kota Malang melalui pengujian hipotesa. Alat analisis yang digunakan adalah uji F (uji simultan), dan uji t (uji parsial), Dimana variabel faktor syariah, produk, pelayanan, promosi, sosial, pribadi, psikologis, dan budaya akan diterima jika lebih besar dari 5%. Kemudian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh faktor syariah, produk, pelayanan, promosi, sosial, pribadi, psikologis, dan budaya terhadap keputusan konsumen memilih jasa perbankan syariah di Kota Malang digunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel independen dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap variabel dependen yaitu konsumen memilih jasa perbankan syariah di Kota Malang. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel independen dan variabel dependen yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah faktor syariah, produk, promosi, dan psikologis. Faktor dominan yang mempengaruhi konsumen memilih jasa perbankan syariah di Kota Malang adalah faktor produk.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economics > Department of Accounting (62201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 24 May 2016 08:15
Last Modified: 24 May 2016 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo