UMM Institutional Repository

Penerapan Metode make a match dengan self assesment dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Belajar Biologi Siswa Kelas VII-G SMP Nurur Jadid Paiton Probolinggo

AISYAH, (2011) Penerapan Metode make a match dengan self assesment dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Belajar Biologi Siswa Kelas VII-G SMP Nurur Jadid Paiton Probolinggo. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aisyah0633-22234-BAB+I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aisyah0633-22234-Pendahul-n.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara, permasalahan yang terjadi dalam proses belajar didalam kelas VII-G di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo, rendahnya aktivitas dan pemahaman konsep siswa kelas kelas VII-G dengan permasalahan tersebut maka digunakan metode make a match. Make a match ini dilakukan guna meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa kelas VII-G di SMP Nurul Jadid Paiton Probolinggo karena jika siswa dilibatkan langsung dalam proses belajar mengajar dengan cara mencari kartu yang berisi kartu soal dan kartu jawaban, dalam mencari permasalahan yang terdapat dikartu masing-masing. Self assesment pada penelitian ini diterapkan guna memantau perkembangan siswa atas dirinya sendiri selama pembelajaran berlangsung. Jenis penilitian ini adalah penilitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada tanggal 09 februari sampai 06 april 20011, penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode make a match dengan self assesment dilaksanakan dua siklus. Siklus I materi tentang ekosistem dan pada siklus II tentang keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem. Hasil dari penelitian tindakan kelas dengan metode make a match dengan self assesment dapat meningkatkan aktivitas siswa pada siklus I tergolong "baik" pada siklus II yang di amati oleh observer aktivitas tergolong "sangat baik" dan pemahaman konsep yang dilakukan dengan menggunakan pretes dengan rata-rata 25.9 sedang postes rata-rata 58.9, sedangkan pada siklus II nilai prestes 29.3 dan postes 76.29, jadi pada siklus I antara pretes dan postes ada suatu peningkatan begitu juga pada siklus II antara pretes dan postes ada meningkatan. Kesimpulannya bahwa penerapan metode make a match dengan self assesment dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep belajar biologi siswa kelas VII-G SMP Nurul Jadid Probolinggo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 07:58
Last Modified: 24 May 2016 07:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30632

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo