UMM Institutional Repository

PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD KELAS VIIIA DAN VIIIB MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI MTs TARBIYYATUL ISLAMIYAH SIDODADI PAITON PROBOLINGGO

SEPTIATI, HANIFAH (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TEKNIK JIGSAW DENGAN TEKNIK STAD KELAS VIIIA DAN VIIIB MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA DI MTs TARBIYYATUL ISLAMIYAH SIDODADI PAITON PROBOLINGGO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hanifahsep-23988-BAB+I.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hanifahsep-23988-PENDAHUL-N.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

MTs Tarbiyyatul Islamiyah Sidodadi Paiton Probolinggo belum pernah dipraktekkan teknik pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD, apalagi hasil belajar peserta didik kurang memenuhi standar ketuntasan minimal (SKM). Di sini peneliti ingin berusaha memperbaiki pembelajaran dan membantu peserta didik untuk meningkatkan nilai hasil belajarnya, karena peneliti yakin sebenarnya mereka mempunyai kelebihan dan keterampilan yang tersembunyi dan perlu dilatih dan dipupuk agar berkembang maksimal. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Tarbiyyatul Islamiyah Sidodadi Paiton Probolinggo pada tanggal 06-21 Desember 2010. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang menunjukkan hasil belajar biologi yang lebih baik antara siswa yang diajarkan melalui pendekatan Cooperative Learning teknik Jigsaw dan teknik STAD. Jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah : Two Group, Pretest posttest design. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t dua sampel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar biologi antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik jigsaw lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) teknik STAD dengan nilai t hitung > t tabel yaitu 2,03 > 1,71.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 07:44
Last Modified: 24 May 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30626

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo