UMM Institutional Repository

PENGARUH DOSIS DAN LAMA PENYEMPROTAN EKSTRAK BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS ULAT BUAH (Helicoverpa armigera) PADA TANAMAN TOMAT (Solanum esculentum)

ANDRIANI, DESI WINDIANITA (2011) PENGARUH DOSIS DAN LAMA PENYEMPROTAN EKSTRAK BIJI JARAK PAGAR (Jatropha curcas L.) SEBAGAI INSEKTISIDA NABATI TERHADAP MORTALITAS ULAT BUAH (Helicoverpa armigera) PADA TANAMAN TOMAT (Solanum esculentum). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-desiwindia-21461-BAB+I.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-desiwindia-21461-PENDAHUL-N.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan pasar akan buah tomat terus meningkat, namun tidak diimbangi dengan produksi yang dihasilkan petani. Menurut Wijayani, Ari (2005) menyatakan rendahnya produksi tomat di Indonesia kemungkinan disebabkan varietas yang ditanam tidak cocok, kultur teknis kurang baik atau pemberantasan hama dan penyakit kurang efisien. Hama tanaman tomat seperti ulat buah (Helicoverpa armigera) sering ditakuti petani karena bisa mengancam gagal panen yang mengakibatkan penurunan produksi tomat. Umumnya penyemprotan insektisida kimia sering dilakukan petani karena memberikan hasil membunuh hama tanaman secara baik. Dampak negatif yang ditimbulkan adalah resistensi hama pada dosis tertentu dan pencemaran terhadap lingkungan terutama kesuburan tanah. Langkah yang tepat adalah dengan memanfaatkan tanaman obat sebagai insektisida nabati yang ramah lingkungan, salah satunya menggunakan ekstrak biji jarak pagar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dosis dan lama penyemprotan ekstrak biji jarak pagar (Jatropha curcas L.) sebagai insektisida nabati terhadap mortalitas ulat buah (Helicoverpa armigrera) pada tanaman tomat (Solanum esculentum) dan untuk mengetahui dosis dan lama penyemprotan yang paling berpengaruh terhadap mortalitas ulat buah. Penelitian ini adalah eksperimental sungguhan (True Eksperimental Research). Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di kebun percobaan tanaman tomat Bapa Ali (Wajak) pada tanggal 26 Nopember 2010 sampai 29 Desember 2010. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan yaitu P0 (0 ml/L), P1 (10 ml/L), P2 (30 ml/L), P3 (50 ml/L), Analisis data menggunakan Uji Kai (k) Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh dosis dan lama penyemprotan ekstrak biji jarak pagar (Jatropha curcas L.) sebagai insektisida nabati terhadap mortalitas ulat buah (Helicoverpa armigrera) pada tanaman tomat (Solanum esculentum). Dosis 50 ml/L dan lama penyemprotan 3 hari ekstrak biji jarak pagar menunjukkan pengaruh terbaik terhadap tingkat mortalitas ulat buah (Helicoverpa armigera) pada tanaman tomat (Solanum licopersicum) dengan rerata 19,33.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 24 May 2016 07:39
Last Modified: 24 May 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30623

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo