UMM Institutional Repository

PENGARUH BERBAGAI DOSIS SARI DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L.) TERHADAP LAMA PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus Strain Wistar)

FAKHISYI, WADZARUL (2011) PENGARUH BERBAGAI DOSIS SARI DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L.) TERHADAP LAMA PENYEMBUHAN LUKA SAYAT PADA TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus Strain Wistar). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wadzarulfa-21893-PENDAHUL-N.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wadzarulfa-21893-BAB+I.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Luka sayat atau luka insisi merupaka salah satu masalah yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Luka insisi merupakan salah satu contoh jenis luka yang rentan terinfeksi apabila tidak langsung mendapatkan penanganan medis, akan tetapi biaya perawatan terhadap luka tersebut tergolong mahal, lebih-lebih bagi masyarakat yang ekonominya rendah. Penggunaan tumbuhan merupakan salah satu cara alternatif yang paling tepat digunakan untuk pengobatan terhadap luka sayat (Insisi) sehingga luka tersebut dapat segera terobati tampa harus menunggu lama. Dari berbagai macam tanaman obat yang diketahui berkhasiat bagi kesehatan yang terdapat di alam jagat raya ini, salah satu diantaranya adalah tembelekan (Lantana camara L.). Dengan berbagai zat kimia alami atau komponen yang terkandung didalamnya, daun tembelekan dapat digunakan sebagai penyembuh luka sayat (Insisi). Metode: Penelitian ini merupakan eksperimental murni dengan pendekatan Post test Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah tikus putih Strain Wistar berjenis kelamin betina, beratnya berkisar antara 250-300 gram dan usia 2,5 - 3 bulan. Variabel penelitian ini adalah konsentrasi atau dosis sari daun tembelekan (Lantana camara L.) dan lama penyembuhan luka sayat (Insisi) pada tikus putih. Data didapatkan dengan menggunakan observasi, selanjutnya dianalisis dengan uji asumsi yaitu uji normalitas (Lilifors) dan uji homogenitas (uji Barlett), uji anova satu faktor (one way Anova) dan uji beda jarak nyata Duncan’s dengan nilai probabilitas 1% atau 0,01. Hasil: hasil menunjukkan Ada perbedaan pengaruh berbagai dosis sari daun tembelekan (Lantana camara L.) terhadap lama penyembuhan luka pada tikus putih (Rattus norvegicus Strain Wistar). Dan Dosis sari daun tembelekan (Lantana camara L.) 50% memiliki pengaruh paling efektif terhadap penyembuhan luka sayat pada tikus putih (Rattus norvegicus Strain Wistar). Kesimpulan: Ada perbedaan pengaruh berbagai dosis sari daun tembelekan (Lantana camara L.) terhadap lama penyembuhan luka pada tikus putih (Rattus norvegicus Strain Wistar). Dan dosis sari daun tembelekan (Lantana camara L.) 50% memiliki pengaruh paling efektif terhadap penyembuhan luka pada tikus putih (Rattus norvegicus Strain Wistar).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 24 May 2016 04:07
Last Modified: 24 May 2016 04:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30601

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo