UMM Institutional Repository

MAKNA MENJADI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) (StuditerhadapCalonTenagaKerja Indonesia di Penampungan PJTKI Tri Tama Binakarya)

AGUSTINA, LAILIYAH (2013) MAKNA MENJADI TENAGA KERJA INDONESIA (TKI) (StuditerhadapCalonTenagaKerja Indonesia di Penampungan PJTKI Tri Tama Binakarya). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiyahag-33706-2-babi.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailiyahag-33706-1-pendahul-n.pdf

Download (542kB) | Preview

Abstract

Penempatan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri menjadi salah satu alternative pemecahan masalah yaitu pengangguran dan perluasan kesempatan kerja lapangan kerja bagi rakyat. Namun disisi lain penempatan TKI keluar negeri tidak sedikit telah menuai beberapa persoalan seperti masalah kekerasan, pelecehan seksual, gaji yang tidak dibayar, pemerkosaan bahkan sampai pembunuhan. Masalah tersebut terus berulang sampai saat ini, namun demikian masalah-masalah tersebut tidak menyurutkan langkah para calon TKI yang akan berangkat keluar negeri untuk bekerja. Fenomena diatas menarik perhatian peneliti untuk melakukan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui makna menjadi TKI bagi calon TKI yang berada di penampungan PJTKI Tritama Bina Karya Malang. Penelitian ini dilaksanakan di penampungan PJTKI Tritama Bina Karya Malang, dengan menggunakan paradigma penelitian interpretative, pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data lalu penyajian data hingga penarikan kesimpulan. Dari analisis data penelitian ini diperoleh temuan-temuan mengenai makna menjadi TKI bagi calon TKI yang berada di penampungan PJTKI Tritama Bina Karya Malang adalah; ada yang memaknai menjadi TKI adalah pergi merantau mencari pengalaman disamping mencari uang, dan juga untuk melupakan masalah yang pernah terjadi dalam hidupnya, ada yang memaknai menjadi TKI adalah sebuah perjuangan mencari pekerjaan yang dituntut memiliki kekuatan lebih ekstra dibandingkan orang yang bekerja di dalam negeri, ada yang memaknai menjadi TKI adalah proses pendewasaan diriuntut mandiri karena jauh dari keluarga serta teman, ada juga yang memaknai menjadi TKI adalah bekerja keluar negeri untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain, tidak hanya mendenger cerita dari orang lain. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan agar calon TKI hendaknya megikuti segala bentuk palatihan yang diberikan PJTKI secara serius agar nantinya bisa untuk meningkatkan standart kompetensi bekerja di luar negeri agar kejadian buruk yang menimpa sebagian TKI tidak menimpa dirinya. Bagi penyedia jasa pengiriman TKI hendaknya meningkatkan kualitas dan standart kompetensi pelatihan agar bisa mengirim para calon TKI yang berkualitas. Hendaknya para penyedia jasa penyalur TKI keluar negeri bisa menyeleksi dengan seksama para calon TKI yang akan diberangkatkan agar hal-hal buruk tidak menimpa TKI yang dikirim atau diberangkatkan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Postgraduate > Master of Sociology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 04:39
Last Modified: 23 May 2016 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30551

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo