UMM Institutional Repository

PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEREMPUAN DALAM PILKADA GRESIK 2010 (Studi di Bawean Kabupaten Gresik)

JANNAH, MIFTAHOL (2012) PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PEREMPUAN DALAM PILKADA GRESIK 2010 (Studi di Bawean Kabupaten Gresik). Masters (S2) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftaholja-33707-2-babi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftaholja-33707-1-pendahul-n.pdf

Download (496kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa; 1) Pemilih perempuan dalam Pemilukada merupakan kelompok pemilih yang unik dan menarik; 2) Dalam pengamatan awal peneliti, perilaku pemilih perempuan terpengaruh oleh sikap pragmatisme, pemilih perempuan yang hanya sekedar ikut-ikutan, mereka memilih sekedar menggugurkan hak dan kewajiban sebagai warga negara, mereka juga bersifat apatis, dan beranggapan bahwa pilihan politiknya tidak akan berpengaruh terhadap kehidupannya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini antara lain; 1) Bagaimanakah partisipasi politik pemilih perempuan di Pulau Bawean dalam pelaksanaan Pemilukada Gresik tahun 2010?; 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih perempuan di Pulau Bawean dalam pelaksanaan Pemilukada di Gresik tahun 2010?; 3)Bagaimanakah harapan pemilih perempuan terhadap para calon Bupati Gresik dalam rangka pembangunan di Pulau Bawean?. Penelitian ini menggunakan teori dari Affan Gaffar bahwa perilaku pemilih perempuan bisa ditinjau dari dua paradigma model, yaitu model Sosiologi dan model Psikologi. Selain itu juga Almond dan Powel menyatakan bahwa sikap dan respon warga negara dalam menilai obyek, peristiwa politik maupun aktivitasnya terhadap sistem politik dipengaruhi oleh elit politik yang memerintah maupun kehidupan sosial budaya dalam masyarakat. Secara bebas perilaku politik dapat diartikan sebagai keseluruhan tingkah laku politik para pelaku politik dan warga negara yang dalam manifestasi kongkritnya telah memiliki saling hubungan dengan kultur politik. Berdasarkan kajian teoritik maka dihasilkan, antara lain; 1) Para pemilih perempuan di pulau Bawean ternyata lebih besar partisipasinya daripada laki-laki dalam Pemilukada yang diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2010; 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya motivasi para pemilih wanita di pulau Bawean adalah faktor pendidikan, pengalaman merantau dan keadaan ekonomi keluarga. Disamping itu harapan terhadap perhatian calon pasangan terpilih untuk lebih memperhatikan masyarakat Bawean juga cukup mempengaruhi motivasi pemilih perempuan, sedangkan peran suami kurang dominan dalam mempengaruhi partisipasi pemilih perempuan; dan 3) Harapan pemilih perempuan terhadap pasangan calon yang terpilih agar pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih lebih memperhatikan pembangunan pulau Bawean yang sangat tertinggal dari daerah daratan Kabupaten Gersik. kata kunci: Partisipasi Politik, Pemilih Perempuan, dan Pemilukada Gresik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Postgraduate > Master of Sociology (69001)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 23 May 2016 04:37
Last Modified: 23 May 2016 04:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo